BIN: Papua Semakin Kondusif

|

BIN: Papua Semakin Kondusif

JAKARTA - Rapat gabungan Komisi I DPR, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, serta Badan Intelejen Negara (BIN) telah berakhir. Dalam rapat, unsur pemerintah memaparkan jika kondisi Papua sudah semakin kondusif.

"Tadi Pak Menlu dan BIN paparkan, bahwa tren dunia internasional pada isu Papua sudah mulai bergeser ke arah yang kondusif," kata Ketua Komisi I Mahfud Sidiq di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Tidak hanya itu, kata Mahfud, sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  juga mendukung langkah yang ditempuh pemerintah dan DPR dalam melakukan pemulihan keamanan di Bumi Cenderawasih.

"Bukan hanya di Papua tapi juga disepakati dengan unsur-unsur Papua yang ada di luar. Ini kerja jajaran Kemenlu dan BIN. Kita baru mencoba memetakan dari aspek diplomasi luar negeri dan sekuriti," sambung Mahfud.

Komisi I menargetkan akan melakukan upaya perdamaian di Papua sebelum masa tugas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berakhir pada 2014 mendatang.

Cara yang ditempuh salah satunya adalah dengan mengoptimalkan kinerja aparat TNI, namun meminimalisir bentrok bersenjata yang dikhawatirkan justru akan menggeser ke arah isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Arah dan kebijakannya, bagaimana meminimalkan pendekatan sekuriti dengan fokus pengamanan perbatasan, pengamanan terluar Papua, dan membantu penegakan Kamtibmas dengan polri," paparnya.

(trk)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Komite Sekolah Bebani Orangtua Siswa