Gunung Marapi di Sumatera Barat Meletus Dua Kali

Rabu, 14 Agustus 2013 14:24 wib | Wahyu Sikumbang - Sindo TV

Asap tebal dari puncak Gunung Marapi (foto: Wahyu Sikumbang/Sindo TV) Asap tebal dari puncak Gunung Marapi (foto: Wahyu Sikumbang/Sindo TV) BUKITTINGGI - Gunung Marapi di Sumatera Barat pagi tadi meletus. Gunung api aktif berstatus Waspada itu menyemburkan debu vulkanik setinggi enam ratus meter.

Berdasarkan pantauan, asap tebal membumbung tinggi dari kawah puncak gunung yang berdiri meliputi Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanahdatar tersebut.

Kepala Pos Pengamat Gunung Marapi, Warseno, mengatakan, aktivitas gunung terjadi dua kali. “Letusan pertama pukul 07.49 WIB dengan ketinggian letusan 300 meter dan letusan kedua pada pukul 08.32 WIB dengan ketinggian 600 meter,” ujar Warseno di Bukittingi, Rabu (14/8/2013).

Peningkatan aktivitas Marapi merupakan rentetan dari peningkatan status dari Normal menjadi Waspada pada 3 Agustus 2013. Karakternya adalah letusan abu yang sering jatuh di kawasan puncak radius tiga kilometer.

“Aktivitas Marapi saat ini masih fluktuatif, artinya kadang meletus kadang tidak,” tambahnya.

Sebelumnya, dalam status Waspada itu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah melarang aktivitas warga serta pendakian hingga radius tiga kilometer dari puncak.
(Wahyu Sikumbang/Sindo TV/ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »