Ratusan Ayam di Kulonprogo Mati Terserang ND

Ratusan ayam di Kulonprogo mati terserang ND

Ratusan ayam di Kulonprogo mati terserang ND

KULONPROGO Ratusan ayam petelur di Pedukuhan Mendiro, Gulurejo, Lendah, Kulonprogo, tiba-tiba mati. Setiap hari ada 15 ayam mati di dalam kandang. Padahal, sebelumnya ayam-ayam tersebut dalam kondisi sehat dan tidak ada tanda sakit.

Pemilik peternakan ayam, Muslih, mengatakan, sudah lebih dari empat pekan ini ratusan ayam miliknya tiba-tiba ambruk kemudian mati. Jika dihitung per harinya terdapat belasan ayam yang mati, dan biasanya ditemukan pada pagi dan siang hari.

“Sudah ada ratusan ayam yang mati sejak beberapa minggu lalu,” jelas Muslih, Selasa (31/3/2015).

Selama ini penanganan vaksin dan pencegahan penyakit terhadap unggas di kandang, Muslih menyerahkan kepada pihak ketiga dari poultry swasta. Mereka yang memiliki jadwal untuk melakukan vaksinasi kepada ayam yang ada di dalam kandang.

Kebetulan petugas yang memberikan vaksin itu ada yang baru dan kurang memahami penanganan ayam yang terserang penyakit. Sehingga, tidak semua ayam ini diberikan vaksin ND kill. Muslih menduga ayam miliknya mati terserang penyakit newacastle disease (ND).

“Kemarin sudah ada petugas dari dinas yang datang dan mengambil sampel, katanya terserang ND,” ujarnya.

Akibat banyaknya unggas yang mati, Muslih mengaku rugi hingga puluhan juta rupiah. Sebab, ayam yang mati merupakan jenis produktif. Mereka telah mengupayakan dengan memberi vaksin revak atau NDklun. Namun, tidak semua ayam itu bisa bertahan, akhirnya pun mati.

"Kondisi ini juga mengakibatkan produksi telur ayam mengalami penurunan. Padahal, sebelum diserang penyakit peternakan unggas ini mampu memproduksi hingga 150 kilogram telur per hari," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Kepenak) Kulonprogo, Endang Purwaningrum, saat dihubungi mengaku belum menerima informasi itu. Dia sedang berada di luar kota.

“Saya sedang di luar kota, malah belum dapat laporan,” ujarnya.

(MSR)
Live Streaming
Logo
breaking news x