Debat Final Pilkada DKI Beri Ruang Warga Tentukan Pilihan

Debat final Pilkada DKI (Foto: Okezone)

Debat final Pilkada DKI (Foto: Okezone)

JAKARTA – Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz menilai perdebatan pamungkas di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Rabu 12 April 2017 sudah baik. Kedua kandidat sudah menjabarkan semampunya tentang visi, misi, program dan perbedaannya, sehingga memberikan ruang bagi warga untuk menentukan pilihannya.

“Perdebatan antarprogram kemarin sangat bisa dipahami secara mendalam melalui format debat yang timbal balik. Pesan terhadap penghormatan pilihan kepada masyarakat Jakarta juga sangat ditekankan dalam debat ini,” katanya kepada Okezone, Jumat (14/4/2017).

Bahkan, ujar Masykurudin, pertanyaan konkret masalah Jakarta yang diajukan langsung oleh warga calon pemilih juga menjadi faktor penting. Sesi itu telah membuka kesempatan bagi pasangan calon untuk menjawab secara lugas dan jelas, dan sekarang tinggal rakyat memutuskan.

Dalam membuat keputusan yang tepat, Masykurudin menyarankan warga DKI Jakarta untuk menentukan pilihan berdasarkan kepentingannya masing-masing. Sebab, dia percaya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

“Tentu masyarakat pemilih selayaknya memilih berdasarkan kepentingannya sendiri-sendiri. Kan ada yang kepentingannya rumah, pendidikan, kesehatan dan seterusnya,” paparnya.

Selain itu, cara terbaik untuk menjatuhkan pilihan adalah memilih pemimpin yang dirasa paling cocok dengan diri sendiri. “Mana yang paling cocok dapat menjadi pertimbangan pemilih,” tegasnya.

(Ari)
Live Streaming
Logo
breaking news x