Image

Jenglot & Putri Duyung Ditemukan di Bali

Rohmat, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2010, 10:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 05 08 340 330616 dL5JriA3f4.jpg rogosejati.indonetwork.web.id (ilustrasi)

KUTA - Warga Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali dihebohkan dengan penemuan jenglot dan putri duyung, namun karena khawatir bisa membahayakan, makhlus misterius dibiarkan hanyut di laut.  

 

Dua jenglot dan satu putri duyung tersebut, ditemukan petugas Badan Penyelamatan Pantai Wisata Tirta (Balawista) Pos Pantai Labuan Said, Pecatu, Jumat 7 Mei kemarin. "Setelah kami bermusyawarah dengan masyarakat adat sepakat melarung ke laut, agar makhluk tersebut bisa kembali ke tempat asalnya," kata Wayan Somer Kepala Pos Balawista setempat dihubungi okezone, Sabtu (8/5/2010).

 

Setelah diupacarai lengkap dengan perlengkapan banten, Somer bersama petugas lainnya menaiki perahu ke tengah laut untuk melarung makhluk yang oleh sebagian versi diyakini manusia sakti.

 

Langkah tersebut dilakukan, karena warga khawatir jika jenglot dan putri duyung tidak diperlakukan dengan secara baik layaknya manusia maka akan membahayakan keselamatan seperti menciptakan bencana bagi mereka.

 

Setelah melihat wujudnya, warga meyakini makhluk super mini itu, adalah Jenglot seperti pernah disampaikan orang pintar maupun hasil penelitian. "Setiap periode tertentu jenglot harus diberi makan darah ayam atau manusia, makanya kami juga mengkhawatirkan hal ini," terang Somer yang juga tokoh masyarakat setempat.

 

Atas penemuan Jenglot tersebut, sepengetahuannya merupakan pertama kali di Bali, karenanya langsung menghebohkan warga di sekitar Pantai yang pernah dipakai lokasi syuting Julia Roberts dalam film Eat, Pray and Love.

 

Dijelaskan dia, sore kemarin dia bersama rekannya saat berpatroli di pantai dengan tebing-tebing yang curam dan berpanorama laut menawan itu, kaget menemukan sebuah nisan yang dibalut kain kuning diatas bukit.

 

"Kami temukan nisan diatasnya terdapat bermacam macam bunga yang sangat wangi baunya," terangnya. Karena penasaran, diapun menggali kuburan tersebut dan tersentak karena didalamnya terdapat dua jenglot laki laki dan perempuan serta satu putri duyung.

 

Penemuan benda aneh itu langsung disampaikan ke desa adat, dari musyawarah bersama dsepakati untuk melarung makhluk yang konon datangnya bersamaan dengan hadirnya tokoh saksi yang tengah melakukan ritual pertapaan.

 

Sejak penemuan itu, kini warga Pecatu dan sekitarnya masih ramai memperbincangkan keanehan yang terjadi di wilayah mereka."Warga masih penasaran darimana dan siapa yang memiliki jenglot sehingga sampai berada di daerah kami," pungkasnya.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini