Menghina Nabi Muhammad, Kartunis Swedia Diserang

Fajar Nugraha, Okezone · Rabu 12 Mei 2010 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2010 05 12 18 331848 1BRFOGJ2H0.jpg kartunis Swedia Lars Vilks (Foto: Reuters)

STOCKHOLM - Kartunis Swedia Lars Vilks yang mengundang kontroversi dengan menggambarkan Nabi Muhammad dalam tubuh seekor anjing, diserang saat memberikan kuliah di sebuah universitas di Swedia.

"Seorang pria yang duduk di urutan terdepan tiba-tiba melakukan penyerangan. Pelaku memukul kepala saya dan segera kacamata yang saya kenakan lepas," ungkap kartunis Lars Vilks, seperti dikutip AFP, Rabu (12/5/2010).

Polisi menambahkan sekira 250 orang menghadiri kuliah saat terjadi penyerangan tersebut. Kuliah itu sendiri berlangsung di Universitas Uppsala, sebelah Utara Stockholm.

"Saat Lars Vikls tiba, lima orang tiba-tiba berteriak menunjukan protes. Mereka kemudian dapat menenangkan diri dan kuliah pun dilanjutkan," ungkap pihak kepolisian setempat.

Ketika Vilks mulai berbicara tentang agama dan mempertontonkan sebuah film, sekira 20 orang mencoba menyerangnya. Kemungkinan 20 orang tersebut merasa tersinggung dengan film yang dibawa oleh Vilks. Polisi kemudian mengevakuasi Vilks dari ruang kuliah, tetapi beberapa pelaku protes menolak dibubarkan yang memaksa polisi menembakan gas air mata. Dua orang ditangkap dalam insiden ini.

Pada 2007 silam, surat kabar Nerikes Allehanda mempublikasikan kartun karya Vilks yang mengumpamakan Nabi Muhammad dengan tubuh seekor anjing. Surat kabar tersebut mempublikasikan kartun yang membuat marah umat muslim dengan alasan kebebesan berekspresi.

Kartun tersebut memicu protes dari umat Muslim di Kota Oerebro, sebelah barat Stockholm yang merupakan basis dari surat kabar Nerikes Allehanda. Sementara Mesir, Iran dan Pakistan mengeluarkan protes formal kepada Pemerintah Swedia atas pemuatan kartun tersebut.

Lars Vilks sendiri tidak leasa dari ancaman. Usai terbitnya kartun kontroversial tersebut kelompok Al Qaeda menawarkan hadiah sebesar USD100 ribu atau sekira Rp912 juta (Rp9,120 per dolar) bagi siapapun yang berhasil membunuh Vilks, dengan tambahan USD50 ribu atau sekira Rp456 juta jika tenggorokan Vilks putus.

Selain Vilks, Al Qaeda juga memberikan hadiah uang sebesar USD50 ribu atau sekira 456 juta, untuk siapapun yang berhasil membunuh Pemimpin Redaksi Nerikes Allehanda Ulf Johansson.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini