Kereta Anjlok, Ratusan Penumpang Telantar

Nugroho Setyabudi, Okezone · Minggu 10 April 2011 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 10 340 444366 YHoqiznZAl.jpg Ilustrasi kereta api (Foto: Ist)

SEMARANG- Kereta Bangunkarta jurusan Jakarta-Jombang anjlok di Desa Tegowanu Kulon, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Purwodadi, pada Minggu, dini hari. Akibatnya, sekira seratusan penumpang kereta telantar.

Kepala Humas Daops 4 PT KAI Jawa Tengah, Sapto Hartoyo, menjelasakan kereta tersebut anjlok sekira 100 meter dari Stasiun Tegowanu.

“Beruntung hanya dua gerbong kereta yang anjlok dari 8 gerbong Kereta Bangunkarta yang ditarik loko 44. Akibat kejadian itu, 4 kereta yaitu Brantas yang mengangkut sekira 900 penumpang, Gumarang sekira 700 penumpang, Sembrani sekira 200 penumpang, dan Argo Bromo Anggrek mengangkut 100 penumpang, tertunda keberangkatannya,” ungkap Sapto.

Hal ini juga menyebabkan sekira 1.000 penumpang lebih telantar di Stasiun Poncol dan Tawang, Semarang. Sedangkan dua kereta yaitu KA Sembrani terpaksa berhenti di satsiun Alas Tuo, dan kereta Brantas berhenti di Stasiun Brumbung, Mranggen.

Sutinah, penumpang kereta di Stasiun Poncol, mengaku sudah menunggu kereta sejak pukul 05.00 WIB, tapi tak kunjung datang.

"Saya sudah mengantre di depan loket ini sejak  pukul 05.00 WIB pagi mas. Menurut jadwal kereta yang saya berangkat pukul 05.30 WIB, tapi ini sudah pukul 10.00 loket belum dibuka, dan belum ada info kenapa jadwal berubah," kesal Sutinah.

Yono, penumpang lainnya, menjelaskan dirinya sudah menunggu sejak pukul 01.00. WIB. “Petugas hanya memberitahu kereta menuju timur semua ditunda sampai jam tujuh karena ada perbaikan, tapi ini sampai sekarang belum ada informasi kapan kita bisa beli tiket," kata Yono yang saat itu juga menggelar tikar di halaman parkir Stasiun Poncol.

Hal ini dilakukan karena penumpang tidak boleh masuk ke dalam stasiun sebelum membeli tiket, padahal loket tak kunjung dibuka.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini