Waspadai Krisis Politik Sebelum 2014

TB Ardi Januar, Okezone · Rabu 13 April 2011 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 13 339 445709

BANDUNG – Indonesia terancam akan mengalami krisis politik sebelum Pemilu 2014 mendatang. Hal ini diakibatkan krisis pangan yang tidak terkendali dan laju pertumbuhan penduduk semakin pesat.

 

“Krisis politik yang sesungguhnya akan terjadi bukan diakibatkan perselisihan antar partai politik. Namun akan terjadi pada saat puncak laju pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali yang bersamaan dengan terjadinya krisis pangan,” kata Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Ahmad Doli Kurnia dalam rilisnya kepada okezone, Rabu (13/4/2011).

 

Kekhawatiran Doli tersebut dikarenakan sensus penduduk Indonesia pada tahun 2010 sudah mencapai 237 juta jiwa. Angka tersebut jauh melebihi prediksi yang ditetapkan oleh Bappenas yang hanya 233 juta.

 

“Jadi ada kelebihan 3,5 hingga 4 juta jiwa yang tidak diperkirakan sebelumnya, dan ini adalah kejadian pertama di Tanah Air kita sejak 40 tahun terakhir,” tegas dia.

 

Lebih jauh Doli mengatakan, apabila pemerintah tidak cepat bersikap terhadap laju pertumbuhan penduduk, ditambah lagi dengan situasi timbulnya ancaman krisis pangan akibat perubahan iklim dunia, maka hal itu dapat mengakibatkan masalah serius bagi stabilitas politik di Tanah Air.

 

“Mungkin kita selama ini terlalu sibuk dengan soal-soal politik sehingga kita alpa terhadap soal-soal mendasar seperti ini, dan bahkan bisa menjadi bom waktu bagi krisis politik sebelum 2014,” pungkas Doli.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini