Share

Mahasiswa Semester Awal di UC Harus Bisa Membuat Event

Nurul Arifin, Okezone · Rabu 26 Oktober 2011 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 26 373 520714 a8wvfCyKZk.jpg Ilustrasi : ist.

SURABAYA - Citra Universitas Ciputra (UC) sebagai kampus yang mencetak wirausaha (entrepreneur) muda benar-benar diwujudkan. Hal itu terbukti dari setiap mahasiswa yang harus menggali potensi jiwa entrepreneur sejak dini. Salah satunya adalah Jurusan Hospitality and Tourism Bussines (IHTB).

"Meski masih semester awal, mahasiswa di jurusan ini wajib membuat sebuah kegiatan untuk persyaratan mengikui Ujian Akhir Semester (AS) di semester awal," kata Eric Yosua, Dosen IHTB Universitas Ciputra, Rabu (26/10/2011).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kali ini Jurusan IHTB akan menggelar kegiatan yang bertajuk Hospitality And Tourism Bussines Opportunity in China. Kegiatan ini adalah bentuk aplikasi dari mata kuliah Psychology of Sevice senilai dua SKS dan Culinary Tour Project senilai enam SKS. Pada acara ini, pihak kampus tidak menyediakan sejumlah dana untuk mendukung terselenggaranya kegiatan, namun hanya memberikan dukungan saja.

"Semua urusan pendanaan menjadi tanggung jawab mahasiswa melalui pendekatan kepada sejumlah sponsor demi suksesnya acara itu dengan menggunakan kemampuan bernegosiasi (negosiation skill)," katanya.

Meski sebagai bekal untuk menempuh UAS pada akhir November mendatang, kegiatan ini menargetkan mencapai profit sebesar Rp30 juta. Profit tersebut, katanya, dapat diraih dari sponsor dan kontribusi berbagai perlombaan. Kegiatan yang melibatkan 48 mahasiswa ini menyasar sejumlah komunitas China yang ada di Surabaya.

Menurut Eric, hasil dari event ini akan digunakan untuk menunjang pendidikan di bidang pariwisata. "Rencananya di semester dua, mahasiswa ada agenda untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Pulau Jawa dan dana tersebut dapat digunakan untuk membiayainya," terangnya.

Renata Suryaputra, salah satu mahasiswa yang terlibat mengungkapkan, momen ini adalah bentuk pendidikan entrepeneur dalam bidang pariwisata. Menurut Renata, kegiatan ini meruoakan kali pertama digelar dan rencananya akan digelar setiap tahun dengan tema yang berbeda. "Kegiatan seperti ini akan masuk menjadi enam SKS sedangkan semester satu harus menyelesaikan 21 SKS," kata Renata.

Even yang akan digelar pada 28-30 Oktober 2011 di Atrium ITC Mega Grosir, Surabaya, di antaranya adalah lomba akting, fesyen, bernyanyi, fotografi, pementasan wushu, taichi, dan seminar. "Pada kegiatan itu panitia akan berdandan seperti vampir," tukas Renata.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini