Share

Entrepreneurship Bukan Kewirausahaan

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 14 Maret 2013 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 14 373 775896 XiYSTi6fC4.jpg Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Entrepreneurship ternyata tidak sama denga wirausaha. Menurut Deputi Direktur Akademik Univesitas Ciputra (UC) Ivan A Sandjaja, wirausaha memiliki pengertian berbeda dengan entrepreneurship.

"Di UC kami menyebutnya bukan wirausaha tapi entrepreneurship. Entrepreneurship berbeda dengan wirausaha. Entrepreneurship itu lebih dari sekadar memiliki usaha sendiri tapi seseorang yang selalu berkreasi dan berinovasi. Jadi sesorang yang punya warung itu belum tentu entrepreneur," ujar Ivan dalam National Launch of the 2012 Education for All (EFA) Global Monitoring Report (GMR) di Gedung D Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2013).

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Dia menyebut, jumlah entrepreneur di Indonesia masih kurang jika berbanding dengan jumlah total penduduk di Tanah Air. Dengan pertumbuhan tersebut diperkirakan Indonesia akan mampu menjadi negara berkekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia pada 2030.

"Namun, jika pendidikan entrepreneurship terus ditingkatkan sehingga jumlah entrepreneur semakin banyak, maka target tersebut dapat tercapai dalam waktu yang lebih cepat," ungkapnya.

Menurut Ivan, banyak universitas maupun sekolah tinggi bisnis maupun entrepreneur ternama di luar negeri yang mendapatkan dana penelitian dari sektor industri. Padahal, lanjutnya, hal tersebut justru bertentangan dengan pendidikan entrepreneurship yang mengajarkan kaum muda untuk mampu mandiri.

"Universitas banyak dapat dana penelitian dari dunia industri. Itu tidak gratis, ada imbalan yang diinginkan pihak industri, yakni lulusan mereka pekerjaan di perusahaan mereka. Sehingga para mahasiswa ini justru diajarkan menjadi job seeker bukan job creator. Jadi, yang harus diatasi adalah bagaimana sistem pendidikan bukan lagi menjadi penyuplai tenaga kerja," imbuh Ivan.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini