Lagi, Guru Besar UNY Bertambah

Senin 13 Februari 2012 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 13 373 574542 l8JJmYTRSc.jpg Ilustrasi: ist.

YOGYAKARTA – Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) C Asri Budiningsih dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran UNY, akhir pekan lalu.

Pengukuhan yang dilaksanakan dalam Rapat Terbuka Senat di Ruang Sidang Rektorat UNY itu dipimpin langsung Rektor UNY Rochmat Wahab. Humas UNY Dedy Herdito mengutarakan jumlah dosen yang bergelar doktor di kampus ini pasti bertambah banyak. Ini dikarenakan ada beberapa dosen yang sudah mendapatkan surat keputusan (SK) sebagai guru besar, tapi secara resmi masih menunggu waktu untuk pengukuhannya.

"Yang sudah pasti akan dikukuhkan yaitu Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Bambang Subali. Dia akan dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Biologi pada 28 Februari mendatang," terangnya.

Selain itu, lanjut Dedy, sampai saat ini juga sudah banyak dosen bergelar doktor yang mengajukan diproses menjadi guru besar, termasuk yang sedang dalam proses.

Dengan bertambahnya guru besar, selain meningkatkan kualitas UNY dari sisi akademis dan lulusannya, juga untuk mendukung UNY menuju world class university. Sementara itu, C Asri Budiningsih dalam pidato pengukuhan guru besar lebih menyoroti tentang pendidikan moral kebangsaan. Terutama bagaimana model pembelajaran dalam mendukung pembentukan kemanusian yang transprimodial, yaitu berupa martabat dan hak-hak asasi manusia, serta tidak membeda-bedakan golongan, suku, agama, dan bangsa sendiri.

"Karena itu dalam pelaksanaannya diperlukan institusi pendidikan yang humanis dan memiliki kerangka aturan, konstitusi inklusif yang tidak berdasarkan kelompok. Dan dapat diterima semua pihak," papar C Asri Budiningsih dalam pidato pengukuhan berjudul "Sumbangan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Moral Kebangsaan Peserta Didik." (priyo setyawan/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini