Parah, Lalu Lintas di Banyuwangi Menuju Bali Macet 20 Km

Eko Suryono , Sindo TV · Senin 24 Desember 2012 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 24 521 736321 SaMeVF0uxL.jpg (Ilustrasi, Dok: Sindo TV)

BANYUWANGI - Libur Natal, ribuan kendaraan yang hendak berwisata ke Bali terjebak kemacetan panjang di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan, Senin (24/12/2012) siang, antrean kendaraan mengular sejauh 20 kilometer. Arus lalu lintas Situbondo menuju Banyuwangi dan sebaliknya lumpuh total.

Antrena panjang kendaraan didominasi bus pariwisata, kendaraan pribadi, dan truk berukuran besar. Kendaraan tersebut akan menyeberang ke Pulau Bali melalui pelabuhan LCM dan pelabuhan ASDP Ketapang.

 

Untuk mengurai antrean, polisi memberlakukan satu jalur di ruas Situbondo menuju Banyuwangi. Kendaraan roda empat dari Lombok dan Bali dengan tujuan Situbondo hingga Surabaya, diarahkan melalui Jember.

Sementara itu, Adi, wisatawan asal Jatim, mengaku sudah terjebak kemacetan sejak dini hari tadi di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi. Butuh warktu sembilan jam untuk masuk ke parkir pelabuhan. Perjuangan pun belum berakhir, dia masih harus menunggu antrean untuk bisa masuk ke dalam kapal hingga empat jam.

Manager Operasional PT ASDP Pelabuhan Ketapang, Saharuddin Koto, mengaku tidak menyangka akan terjadi lonjakan penumpang pada liburan akhir tahun ini. Dalam sepekan terakhir lonjakan penumpang yang menyeberang ke Bali meningkat 30 persen.

Untuk mengurangi antrean, pihak pelabuhan akan menambah tiga kapal motor. Kemacetan diperkirakan masih terus terjadi hingga 30 Desember.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini