Share

Delegasi UI Siap Berdiplomasi di HMUN 2013

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 06 Februari 2013 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 06 373 757761 AyHk6Ghj1A.jpg Delegasi UI pada HMUN 2013. (Foto: dok. UI)

JAKARTA - Seperti apa rasanya mewakili Indonesia dalam sebuah sidang tingkat internasional? Lima mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ini akan merasakan serunya menjadi "diplomat RI" pada persidangan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tentu saja, apa yang akan mereka lakukan bukan benar-benar menjadi delegasi PBB. Tetapi, lima mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI tersebut akan berpartisipasi dalam ajang simulasi sidang PBB terbesar dan tertua di dunia, Harvard Model United Nation (HMUN) 2013. 

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Pada 14-17 Februari 2013 mendatang, Miranda E Manurung, Putri Eva Mayangsari, Gemintang Mallarangeng dan Derry Fahrizal Ulum dengan steering comitte Chairunissa Purliasih akan mengikuti rangkaian HMUN ke-59 di Boston, Amerika Serikat. Kelimanya akan menjadi representasi negara Papua Nugini dan bekerja di  dalam komite-komite yang tergabung dalam General Assembly pada sidang PBB yakni Social, Humanitarian, and Cultural Committee (SOCHUM); Special Political and Decolonization (SPECPOL); World Health Organization (WHO), dan Legal Committee.

Nantinya, para delegasi HMUN akan membahas isu global sesuai topik yang menjadi fokus utama setiap komite dengan delegasi dari negara lain.  Tidak pelak, kemampuan berbahasa Inggris pun menjadi syarat mutlak dalam menghadiri simulasi sidang PBB ini. Kemampuan lain yang harus dimiliki delegasi HMUN adalah keterampilan public speaking, berdebat, menganalisa kasus, hingga melobi.

Steering Committee/Faculty Advisor delegasi FISIP UI, Chairunissa Purliasih, menjelaskan, timnya telah mempersiapkan diri sejak Agustus 2012. "Persiapan ini dilakukan sebagai bentuk dedikasi dan harapan kami untuk menunjukkan bahwa mahasiswa Indonesia juga memiliki daya saing global dan mampu memberikan kontribusi kepada dunia dan khususnya Indonesia," ujar Chairunissa, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Rabu (6/2/2013).

Tahun ini adalah kali pertama keikutsertaan tim binaan Rissalwan Habdy Lubis M.Si dan Bagus Aryo Ph.D ini. Delegasi FISIP UI tersebut juga akan mengikuti berbagai seminar dan public lecture dengan narasumber yang berasal dari PBB dan Harvard University. Selain itu, ada juga kegiatan Summer Opportunities and Career Fair bagi para delegasi.

HNMUN adalah forum persidangan mahasiswa internasional yang menggunakan agenda, prosedur dan mekanisme persidangan menyerupai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). HNMUN juga merupakan simulasi sidang PBB tertua, terbesar, dan paling prestisius di dunia. Lebih dari 3000 peserta dari seluruh dunia  mengikuti ajang ini setiap tahunnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini