Share

Bantu 200 Kampus Swasta, Rp60 Miliar Meluncur

Oris Riswan, Okezone · Rabu 04 September 2013 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 04 373 860713 kx7htLdQTt.jpg Ilustrasi. (Foto: okezone)

BANDUNG - Pemprov Jawa Barat untuk tahun depan akan mengalokasikan dana sekira Rp60 miliar di APBD 2014 untuk bantuan bagi kampus swasta yang ada di Jawa Barat. Rencananya ada 200 kampus yang akan mendapat bantuan dengan besaran masing-masing Rp300 juta per kampus.

Kepala Bappeda Jawa Barat, Deny Juanda, mengatakan program itu merupakan janji kampanye pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Sehingga setelah keduanya terpilih, janji itu akan direalisasikan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

"Maksimal per kampus akan mendapat Rp300 juta pada 2014 nanti," kata Deny, Rabu (4/9/2013).

Dasar pemberian bantuan adalah agar kampus-kampus swasta jadi lebih baik, terutama dari segi ruang kelas. Sebab banyak kampus swasta yang kondisinya memprihatinkan. "Itu bantuannya untuk pembangunan ruang kelas," ungkapnya.

Tapi ia menegaskan jika bantuan itu bukan itu kebutuhan operasional kampus. Karena kampus swasta menarik SPP dari mahasiswanya. Bagi kampus yang membutuhkan bantuan itu, Deny mempersilakan yang bersangkutan mengajukan proposal permohonan bantuan ke Pemprov Jawa Barat. "Pokoknya yang membutuhkan silahkan diusulkan, masukkan proposalnya," imbaunya.

Dengan pemberian bantuan, ia berharap kualitas kampus swasta akan lebih baik. Sehingga para mahasiswanya bisa belajar dengan nyaman dan berprestasi.

Selain bantuan untuk kampus, Pemprov Jawa Barat juga akan mengalokasikan anggaran pada APBD 2014 untuk riset bersama. Para dosen atau mahasiswa akan mendapat anggaran Rp30 juta-Rp50 juta per riset untuk tugas akhir kuliahnya.

Kuota bantuan itu rencananya untuk 1.000 orang. Tapi riset itu wajib memuat subjek tentang kejawabaratan. "Jadi Bappeda bisa menerima hasilnya untuk perbaikan (Jawa Barat)," tandas Deny.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini