Share

Asyik, Ada Diploma Batik di Uniba

Bramantyo, Okezone · Rabu 11 September 2013 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 11 373 864325 TnGFyVSG3y.jpg Ilustrasi. (Foto: Runi Sari/Okezone)

SOLO - Momentum hari Batik yang akan jatuh pada Oktober 2013, bakal dimanfaatkan oleh Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta untuk membuka program Diploma jenjang D1 dan D2 program studi (prodi) Batik.

"Prodi  Batik akan membantu mengembangkan dunia batik dengan tenaga ahli yang dihasilkan," jelas Rektor UNIBA Surakarta, Ending Siti Rahayu kepada wartawan, di Kampus UNIBA, Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2013).

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Nah untuk mengawalinya, tambah Endang, akan dibuka terlebih dahulu satu kelas yang diperuntukkan bagi 30-40 mahasiswa. Launching akan dilaksanakan pada Oktober 2013, dengan perkuliahan di kawasan sentra perajin batik di Kampung Batik Laweyan.

"Pendaftaran dibuka setelah 2 Oktober 2013," jelasnya.

Lokasi perkuliahan, menurut Rektor Uniba, memang sengaja dipilih di Kampung Batik Laweyan, tepatnya di Ndalem Djimatan. Salah satunya ingin menghadirkan suasana aslu kampong asal mula berdirinya usaha batik di kota Solo. Apalagi Ndalem Djimatan merupakan kediaman keluarga pengusaha batik.

"Agar mereka lebih menyatu dengan suasana pembuatan batik tempo dulu. Apalagi di sekitar lokasi juga kampung batik, di mana banyak terdapat pengrajin batik. Sehingga mahasiswa akan menjadi lebih memahami filosofi dan pembuatan batik mulai dari proses awal hingga akhir," jelasnya.

Alasan membuka prodi D1 dan D2 Batik, menurut  Tim Prodi Batik UNIBA, M Tunahar, tak lepas dari upaya Uniba untuk nguri-uri batik tulis sebagai warisan budaya yang telah diakui UNESCO. Sebab itu, diharapkan semua pihak turut aktif melestarikan warisan budaya bangsa tersebut.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini