Share

Guru, Kunci Sukses Pelaksanaan Kurikulum 2013

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Jum'at 22 November 2013 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 22 560 901237 khH9ehB7Np.jpg Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

JAKARTA - Tahun ini, Kurikulum 2013 mulai berjalan efektif. Subjek utama yang paling dominan menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah guru.

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dr. Sulistiyo M.Pd mengatakan, PGRI mendorong revisi PP Nomor 74 Tahun 2008 mengenai profesi organisasi agar jangan tertunda lagi. Ini dilakukan agar cepat diatur dan segera diselesaikan, karena jika tidak akan timbul persoalan baru.

"Saya kira jika pemerintah memang memerlukan profesi organisasi jangan ditunda-tunda lagi," ujarnya, saat konferensi pers Peringatan Hari Guru Nasional 2013, di Slipi, Jakarta Barat, Jumat (22/11/2013).

Padahal, pelaksanaan ini menjadi keharusan bagi guru yang notabene membentuk serta wadah bagi guru-guru profesional. Di mana pelaksanaan kode etik itu harus segera direalisasikan.

"Kalau guru dianggap belum sesuai dengan kualitasnya yang baik, berarti kode etik belum dilaksanakan dengan baik," ucapnya.

Di masa mendatang, fungsi pengawasan keprofesian guru akan banyak menjadi tanggung jawab organisasi profesi guru. Kewenangan penegakkannya berada pun pada Dewan Kehormatan Guru.

"Sejalan dengan itu, organisasi profesi guru perlu ditata dengan baik, sehingga memenuhi kriteria sesuai dengan peraturan perundang-undangan," tutup dia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini