Share

Mahasiswa UMI Berpeluang Raih Double Degree di Jepang

Andi Aisyah, Okezone · Rabu 04 Desember 2013 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 04 373 907397 OVkA7bDIf3.jpg Paparan Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar. (Foto: Arpan Rachman/Okezone)

MAKASSAR - Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Fakultas Ilmu Manajemen program konsentrasi Manajemen Sistem Informasi berpeluang mengambil double-degree di Universitas Waseda, Jepang. Peluang itu terbuka menyusul terjalinnya kerja sama antarkedua universitas.

"Syukurlah kita mampu bekerja sama dengan Waseda University. Di masa mendatang Insya Allah akan kita kembangkan lagi kerja sama di bidang ilmu ekonomi dan ilmu hukum. Cuma kedokteran yang mungkin tidak. Tapi disiplin ilmu lain bisa kita jajaki kerja sama serupa," kata Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar di hadapan wartawan, Rabu (4/12/2013).

Sementara Direktur PPs UMI H Basri Modding menyebutkan, pihaknya secara resmi mengumumkan hal tersebut, setelah mereka melakukan penandatanganan nota kesepahaman di Waseda University, Jepang, pada pertengahan November lalu.

"Saat ini sudah ada 13 mahasiswa yang lulus di manajemen informasi dari sebelumnya yang ikut mendaftar sebanyak 40 orang. Nanti mereka digodok dulu di sini (PPs UMI). Jika berkenan mengikuti seleksi sesuai dengan persyaratan yang berlaku dapat mengambil program double-degree di Waseda University," ungkap Basri didampingi sejumlah civitas akademika UMI.

Menurut Basri, keluaran double-degree nanti tidak tertutup kemungkinan menjadi staf pengajar di UMI. Namun prosesnya masih menunggu kebijakan pihak kampus. Basri mengaku masih akan mempertimbangkan kemungkinan tersebut.

Wakil Rektor (WR) I UMI H Sahnur Said mengatakan, program double-degree berupa perkuliahan yang dilakukan selama tiga semester meliputi dua semester umum dan semester selanjutnya berkaitan dengan konsentrasi mata kuliah yang ditekuni.

"Sebelum yang bersangkutan menyelesaikan studinya (yudisium), jika mau, akan mengikuti seleksi untuk double-degree. Tentunya, ada beberapa persyaratan di antaranya dinilai dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), tes TOEFL, dan lain- lain," tanggap Sahnur.

Diuraikan, mahasiswa PPs UMI yang bisa mengikuti program double-degree, yakni mahasiswa yang sudah lulus sembilan SKS. Bila lulus dari program ini akan meraih gelar Magister Enginering (M.Eng.) dari Waseda University.

"Waseda University memiliki beberapa kampus yang sangat nyaman sebagai tempat belajar," tuntas Sahnur seraya menambahkan, program studi tersebut masih menerima calon mahasiswa baru.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini