Share

Mahasiswa Harus Eksis Pakai Bahasa Indonesia!

Rahmi Djafar, Koran SI · Kamis 19 Desember 2013 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 19 373 914567 R6nWVlF1Os.jpg Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar seminar Bulan Bahasa bertema karakter dengan peningkatan kualitas bahasa dan sastra Indonesia.

Rektor UMI Prof Masrurah Mochtar menyebutkan bahwa tema seminar ini sangat strategis menunjukkan eksistensi mahasiswa yang cinta akan bangsanya, cinta akan bahasanya yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Serta eksistensi pengguna bahasa Indonesia yang benar dan santun di mana akan membentuk karakter nasionalis.

"Untuk anak-anakku mahasiswa, harus selalu bangga dengan bidang ilmu yang ditekuni yaitu jurusan Bahasa Indonesia, yang diamanahkan sebagai rektor UMI, memiliki dasar keilmuwan dari Bahasa Indonesia mendapat kepercayaan dari berbagai instansi dan ormas baik lokal maupun nasional," tambah Guru Besar Lingiustik Bahasa Indonesia Fakultas Sastra UMI, Masrurah, di Makassar, Kamis (19/12/2013).

Masrurah membawakan seminar dengan judul pembentukan karakter melalui penggunaan Bahasa Indonesia yang santun, bahasa dari aspek alat adalaah media komunikasi dan sebagai rujukan menyampaikan informasi kepada orang lain.

Menurut dia, Al Quran telah memberi petunjuk dalam ucapan dan ini juga berkaitan dengan pembentukan karakter, misalnya qaulan sadidan (mengucapkan kata-kata yang benar), qaulan karima (perkataan yangย  mulia), qaulan baligha, qaulan layyinan, qaulan ma'rufa (perkataan yang baik).

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra UMI Hj. Muli Umiaty Noer mengaku dirinya sangat mengapresiasi kegiatan jurusan sastra ini. Diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi semuanya untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang benar dan santun, serta menunjukkan karakter sebagai bangsa yang santun.

"Dengan penggunaan dan cinta tehadap Bahasa Indonesia, mampu menujukkan eksistensi sebagai mahasiswa yang cinta terhadap bangsa dan negaranya," tandas dia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini