nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dede Yusuf: Nilai Moral Pramuka Harus Tetap Tertanam

Dede Suryana, Jurnalis · Jum'at 15 Agustus 2014 13:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 08 15 337 1025003 rmC09tqkpe.jpg Dede Yusuf (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Peringatan Hari Pramuka ke 53 pada 14 Agustus kemarin, menjadi momen spesial bagi mantan wakil gubernur yang juga Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jawa Barat, Dede Yusuf Macan Effendy. Bagaimana tidak, pada hari itu Dede mendapatkan dua penghargaan sekaligus.

 

Penghargaan pertama adalah Lencana Karya Bhakti dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Kwarnas Pramuka. Lencana Karya Bhakti adalah penghargaan atas karya kreativitas dalam ikut serta pembangunan masyarakat, dalam hal ini terkait program pembangunan jembatan bambu Pramuka penyambung desa terpencil di 10 lokasi di Jawa Barat.

 

Kedua adalah Lencana Melati yang disematkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang juga ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwarda Pramuka Jawa Barat. Lencana tersebut merupakan penghargaan tertinggi dalam Gerakan Pendidikan Pramuka di Indonesia.

 

Bagi mantan wakil gubernur Jawa Barat ini, penghargaan yang diperolehnya merupakan sebuah kehormatan sekaligus pengakuan atas dedikasi selama memimpin Pramuka Jawa Barat selama hampir lima tahun. Selama dipimpinnya, Pramuka Jawa Barat meraih peningkatan prestasi sebagai kwarda tergiat kedua di tingkat nasional dimana sebelumnya hanya meraih peringkat tergiat kedua di wilayah Jawa-Bali.

 

"Dua lencana ini menjadi motivasi bagi saya pribadi dan Pramuka Jawa Barat untuk terus giat memajukan Pramuka, apa-apa yang sudah kami capai selama ini akan terus kami tingkatkan, kami tidak akan berhenti," ujar Dede, Jumat (15/8/2014).

 

Salah satu kunci yang membuat Pramuka akan selalu relevan, menurut Dede adalah kreasi dan inovasi, Pramuka sebagai lembaga pendidikan karakter bangsa harus menyesuaikan dengan selera generasi muda dan kebutuhan masyarakat dengan tanpa kehilangan jati diri bangsa. Mantan aktor laga ini menyatakan, Pramuka merupakan teladan budi pekerti bagi generasi muda.

 

"Pemuda yang berbudi pekerti luhur adalah mereka yang mengamalkan Trisatya dan Dasa Dharma, nilai-nilai moral itu yang terus ditanamkan di benak pemuda melalui berbagai kegiatan kreatif dan inovatif, bukan kegiatan yang menjemukan," terangnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini