Share

Fantastis, Harga Mobil Dinas Ketua DPRD Riau Rp4,9 Miliar

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 23 Oktober 2014 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 23 340 1055976 fantastis-harga-mobil-dinas-ketua-dprd-riau-rp4-9-miliar-D2jcqecpQq.jpg Mobil dinas pejabat Toyota Crown (foto: Dok. Okezone)

PEKANBARU - Ketua DPRD Riau Suparman akan mendapatkan jatah dua mobil dinas dengan total harga fantastis mencapai Rp4,9 miliar. Riciannya, Rp3,1 milar untuk pembelian mobil jenis jeep dan Rp1,8 miliar sisanya untuk Toyota Crown.

Ketua Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau, Usman, menilai dana yang dianggarkan oleh Pemprov Riau untuk pembelian mobil dinas tersebut menyakiti hati rakyat. Terlebih masih banyak warga miskin di Riau.

"Pemprov Riau dan Ketua DPRD Riau memang sangat keterlaluan. Di masa yang sulit ini malah menganggarkan mobil untuk Ketua DPRD Riau senilai Rp4,9 miliar. Ini sangat ironis dengan kondisi masyarakat yang kesusahan," kata Usman kepada Okezone, Kamis (23/10/2014).

Menurutnya, bila digunakan untuk pendidikan maka uang sebesar itu dapat membantu 8.823 siswa miskin tingkat SD dengan pembagian Rp560 ribu per siswa. Atau setara dengan 6.588 siswa SMP yang masing-masing memperoleh Rp750 ribu.

"Sementara jika diperuntukkan bagi pelajar SMA di Riau yang besar bantuannya Rp1,2 juta per siswa, maka akan ada 4.117 siswa miskin terbantu," ungkapnya.

"Masih banyak yang lebih penting ketimbang pengadaan mobil baru Ketua DPRD Riau. Mobil Ketua DPRD yang lamakan masih bagus. Jika pun ingin mobil baru, sebaiknya memilih mobil yang harganya tidak menyakiti hati rakyat," tambahnya.

Menurutnya, dua mobil untuk politisi Partai Golkar itu sudah mulai dilelang di LPSE Provinsi Riau. "Kami minta itu dibatalkan saja," pintanya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Riau Suparman menegaskan bahwa pengadaan mobil untuk dirinya tidak melanggar aturan. "Sepanjang itu tidak melanggar aturan, itukan tidak masalah," ucapnya kepada wartawan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini