nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puan Maharani

Reni Lestari, Jurnalis · Selasa 02 Desember 2014 11:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 02 17 1073441 puan-maharani-3fy7s9xFxX.jpg Puan Maharani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih cucu Presiden RI ke-1 Soekarno, Puan Maharani, sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Kemanusiaan.

Puan mendapatkan darah politik dari ibunya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan kakeknya, proklamator Indonesia, Soekarno.

Sejak dini, Puan sudah bersinggungan dengan dunia politik yang digeluti ibunya. Semasa duduk di bangku SMP, Puan mengikuti perjalanan politik Megawati di panggung politik nusantara. Saat Megawati menjabat Presiden Indonesia tahun 2001 hingga 2004, ia selalu mendampingi ibunya.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan politik itulah, nama dan sosok Puan menjadi semakin akrab di benak masyarakat. Beberapa tahun lalu, dalam sebuah kampanye di Jawa Timur, Megawati resmi memperkenalkan putri tunggalnya itu sebagai penerus dirinya.

Karir Puan di dunia politik diawali dengan terlibat aktif dalam organisasi politik DPP KNPI Bidang Luar Negeri. Ia juga membantu Megawati di tim pemenangan ketua umum PDIP itu di pemilihan presiden 2009. Di tahun yang sama, Puan mencalonkan diri menjadi anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah.

Wanita lulusan Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia ini di internal PDIP menjabat sebagai Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga, yang memiliki peran strategis dalam penentuan sikap politik dan komunikasi partai dengan organisasi lainnya. Ia dikenal dengan jargon politiknya, “sistematis, realistis, ideologis”.

Nama Lengkap: Puan Maharani

TTL: Jakarta 6 September 1973

Agama: Islam

Pendidikan: Sarjana Komunikasi Universitas Indonesia

KARIER

Ketua DPP PDI Perjuangan Politik dan Hubungan Antarlembaga (2010-2015)

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRRI (2009-2014)

Anggota DPR RI, Anggota Komisi VI (2009-2014)

Anggota BKSAP/Badan Kerjasama Antarparlemen (2009-2014)

Anggota Panja Komisi VI Bidang Investasi dan UKM (2009)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini