nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Israel Tak Akan Biarkan AS Bersepakat dengan Iran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 09 Februari 2015 15:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 02 09 18 1103389 israel-tak-akan-biarkan-as-bersepakat-dengan-iran-9xrsHRHyjI.jpg Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters)

TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersumpah akan melakukan apapun untuk mencegah negara-negara dunia mencapai kesepakatan dengan Iran mengenai program nuklirnya.

Dia menyampaikan hal tersebut dalam rapat mingguan kabinet. Menurutnya kesepakatan dengan Iran akan berakibat buruk pada keamanan Israel.

Jerman dan anggota-anggota Dewan Keamanan PBB, termasuk Amerika Serikat (AS), berharap dapat mencapai kesepakatan dengan Iran. Kesepakatan itu terkait pembatasan program pengayaan uranium Iran dalam jangka panjang.

Morning Star melansir, Senin (9/2/2015), pernyataan Netanyahu ini menunjukkan bahwa dia tidak akan mundur dari rencananya untuk melakukan pidato tentang Iran dihadapan Kongres AS bulan depan.

Kunjungan itu dilakukan tanpa sepengetahuan Presiden Barack Obama. Pemimpin Israel tersebut akan bertemu dengan juru bicara Faksi Republik John Boehner.

Pihak oposisi Israel meminta Netanyahu untuk membatalkan pidatonya, karena resiko membahayakan hubungan Israel dengan AS. Pemimpin Partai Buruh Isaac Herzog mengatakan bahwa pidato tersebut hanya akan memperburuk hubungan Israel-AS.

Sementara itu mantan Pemimpin Mossad, Shabtai Shavit bersama dengan beberapa mantan pejabat tinggi keamanan Israel meminta pemimpin Israel berusaha lebih keras untuk mencapai perdamaian dengan Palestina.

Shavit menyatakan Israel sebaiknya menerima rencana perdamaian Arab tahun 2002, yang lama tidak disentuh. Rencana itu menawarkan perdamaian antara Israel dengan dunia Arab. Sebagai ganti perjanjian damai antara Israel dengan Palestina.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini