Image

Mahasiswa Dianggap "Pelacur Intelektual" Bertemu Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 20 Mei 2015, 16:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 20 337 1152617 mahasiwa-dianggap-pelacur-intelektual-bertemu-jokowi-sTaK7CH6p9.jpg Foto: Okezone ilustrasi

JAKARTA – Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Bung Karno (UBK), mengecam kehadiran para mahasiswa yang diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Mereka menganggap kehadiran mahasiswa di Istana Negara tersebut sebagai “pelacur intelektual”.

Pertemuan yang berlangsung pada Senin 18 Mei 2015 itu dihadiri oleh sejumlah aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia dan organisasi intra kampus.

"Kami berbeda, kami dari KBM UBK menganggap kawan-kawan yang hadir dalam undangan Presiden Jokowi itu sebagai ‘pelacur intelektual’," ujar Juru Bicara KBM UBK, Santoso, di depan Istana Negara, Rabu (20/5/2015).

Kata Santoso, seharusnya para kelompok mahasiswa tersebut tidak menghadiri undangan dari mantan Wali Kota Solo tersebut demi menjaga independensinya sebagai mahasiswa yang merupakan para agen perubahan dan agen kontrol sosial.

"Untuk itu, kami dari KBM UBK hadir dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) untuk menyampaikan aspirasi kami," kata Santoso.

Menurut Santoso, dimulainya ekonomi ASEAN pada akhir tahun ini harus dicermati oleh Presiden Jokowi untuk melaksanakan ideologi Trisakti dalam menjalankan pemerintahannya.

"Kita harus berdaulat dengan melaksanakan Trisakti, sehingga memiliki kemandirian, kita enggak boleh lagi impor dan melawan itu dengan kemandirian, yakni meninggikan angka produktifitas sehingga impor dapat ditekan," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua BEM UI, Andi Aulia Rahman menyatakan, sebelum aksi disampaikan mahasiswa pada peringatan Harkitnas dan 17 tahun reformasi hari ini, Presiden Joko Widodo mengundang Ketua BEM UI dan perwakilan BEM se-Indonesia ke Istana.

“Melalui pihak protokoler Istana, Insya Allah, saya dan beberapa perwakilan BEM Universitas di Indonesia diminta hadir ke Istana Negara untuk berdialog langsung dengan Presiden Jokowi. Presiden Jokowi meminta mahasiswa datang ke Istana pada Senin 18 Mei 2015 pukul 19.00 WIB. Saya hadir," tegasnya kepada Okezone, Minggu 17 Mei.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini