Pilot Kira Helipad di Pulau Sebatik Milik Malaysia

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 30 Juni 2015 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 30 18 1173741 pilot-kira-helipad-di-pulau-sebatik-milik-malaysia-f5o7xs6j1t.jpg Pulau Sebatik berbatasan dengan Malaysia. (Foto: Antara)

JAKARTA – Sebuah helikopter milik Malaysia melanggar perbatasan dan mendarat di Pulau Sebatik pada Minggu 28 Juni 2015. Pihak Kementerian Luar Negeri RI mengatakan pilot helikopter Malaysia itu mengira helipad di Pulau Sebatik adalah milik mereka.

"Menurut mereka yang terjadi adalah letak helipad mereka yang berdekatan dengan helipad yang ada di Indonesia," jelas Juru Bicara Kemlu RI Arrmanatha Nasir kepada wartawan, Selasa (30/6/2015).

"Namun saat akan mendarat di sana, helipad mereka tidak terlihat karena tergenang air, mereka melihat satu helipad lagi yang dikira helipad mereka. Saat akan mendarat ternyata helipad itu ada di wilayah Indonesia," paparnya.

Helikopter yang membawa Menteri Dalam Negeri Malaysia, Ahmad Zaid Hamidi, itu akhirnya kembali terbang setelah diberi peringatan keras oleh petugas perbatasan Indonesia.

Permasalahan di wilayah perbatasan yang sering terjadi menuntut dipercepatnya pembicaraan mengenai batas wilayah dengan pihak Malaysia. Meskipun mungkin dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, dengan komitmen dari kedua belah pihak masalah ini dapat diselesaikan.

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini