nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Permintaan Jokowi Selesaikan Kasus Tolikara

ant, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2015 09:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 25 340 1185296 tiga-permintaan-jokowi-selesaikan-kasus-tolikara-g9f6y14rhZ.jpg Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjianto (foto: Antara)

JAYAPURA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edy Purdijatno mengemukakan tiga hal yang diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kasus di Karubaga, Kabupaten Tolikara.

"Tiga hal itu, pertama Pak Presiden minta agar ruang komunikasi antarumat beragama di Papua terus didorong, sehingga permasalahan tidak meluas," ungkap Tedjo saat berada di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (25/7/2015).

Kedua, lanjut Tedjo, Presiden Jokowi meminta agar rumah kios dan tempat ibadah yang terkena musibah di Karubaga segera dibangun kembali.

"Ketiga, Pak Presiden minta penegakan hukum terkait masalah Tolikara harus dikedepankan," tegasnya.

Tedjo menambahkan, pemerintah sudah menyiapkan dana untuk pembangunan rumah kios dan tempat ibadah yang rusak.

"Hanya sekarang soal lahan untuk tempat pembangunannya kembali, pemerintah daerah yang akan mengaturnya, termasuk soal lahan atau tanah yang disampaikan ada kendala, tapi saya yakin hal itu bisa secepatnya diselesaikan dan dibangun," tuturnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Tedjo Edy Purdijatno beserta rombongan pada Jumat 24 Juli 2015 menemui jajaran Forkompinda Papua di Gedung Sasana Karya Kompleks Kantor Gubernur Papua membahas mengenai kasus yang terjadi di Kabupaten Tolikara.

Tedjo tiba di Bandara Sentani pukul 12.00 WIT dan langsung disambut oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Dandim 1701 Jayapura Letkol Suyoyok Pranowo, Asisten 1 Gubernur Papua Doren Wakerkwa dan Danlanud Jayapura Kolonel Pnb I Made Susila Adyana.

Rombongan Menko Polhukam lalu menuju Kantor Gubernur Papua bersama Deputi 6 Polhukam Arif Mukiyat. Menko Polhukam disambut Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen Siahaan, Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende, Ketua DPR Papua Yunus Wonda, Kajati Papua Herman da Silva, dan Presiden GIDI Dorman Wandikmbo.

Malamnya, Tedjo makan malam dan dialog bersama wartawan di Kota Jayapura dan bertatap muka dengan pengurus KNPI Provinsi Papua di salah satu restoran ternama di Ibu Kota Provinsi Papua.

Pada momentum itu, Tedjo menyampaikan kepada wartawan bahwa masalah di Karubaga, Kabupaten Tolikara telah ditangani secara bijak dan arif, pemerintah terus mendorong penyelesaian kasus tersebut.

"Harapannya semua pihak bisa bijak, untuk mendorong masalah ini agar tidak meluas. Karena dalam pertemuan saya dengan Gubernur Papua dan pihak-pihak berkompeten, termasuk Presiden GIDI, Ketua NU Papua Toni Wanggai mereka menyatakan mampu menyelesaikan persoalan yang dialami," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini