nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tegaskan Papua Milik NKRI, Marinir Canangkan Penaklukkan Carstenz

ant, Jurnalis · Senin 27 Juli 2015 07:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 07 27 340 1185794 tegaskan-papua-milik-nkri-marinir-canangkan-penaklukkan-carstenz-BjP2xFbPWr.jpg Korps Marinir TNI AL (Foto: Arif Julianto/Okezone)

SURABAYA – Terlepas dari ketegangan yang sempat terjadi di Papua akibat tragedi Tolikara pada Hari Raya Idul Fitri lalu, bumi cendrawasih bakal tetap ditegaskan setiap aparat bahwa wilayah paling timur di nusantara itu tetap milik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seutuhnya.

Salah satu caranya adalah rencana penaklukan Carstenz Pyramid atau Puncak Jaya yang menjadi bagian dari “Barisan Sudirman” di Papua, pada HUT Republik Indonesia ke-70, 17 Agustus 2015 mendatang.

Penaklukan itu akan dilakukan tim ekspedisi dari Korps Pasukan Marinir 1 (Pasmar-1) TNI AL, di mana tim “Ekspedisi Rakyat Merdeka” yang berkekuatan 14 personel Korps Marinir, mencanangkan pemasangan bendera Merah-Putih di Puncak Jaya.

Pemasangan bendera itu tak lain untuk menegaskan bahwa setiap jengkal wilayah Papua adalah milik NKRI. Di sisi lain, ekspedisi ini juga membuka peluang bagi masyarakat lainnya untuk turut serta bulan depan.

"Untuk kegiatan ekspedisi pendakian Carstenz Pyramid di Papua, akan dilaksanakan 14 prajurit Korps Marinir di bawah pimpinan Letkol (Mar) Fery Marpaung," papar Danpasmar-1, Brigjen (Mar) Kasirun Situmorang.

"Kami membuka pintu lebar-lebar kepada seluruh masyarakat yang akan turut berpartisipasi di dalamnya," tandasnya saat mensosialisasikan ekspedisi itu di Taman Bungkul, Surabaya, Jawa Timur.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini