Berjalan Menunduk, Kukang Jawa Ditemukan Penuh Luka

Kamis 19 November 2015 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 19 525 1252012 berjalan-menunduk-kukang-jawa-ditemukan-penuh-luka-seadbDF0tL.jpg Kukang Jawa. (Foto: Pikiran Rakyat)

CIAMIS - Seekor hewan lindung, Kukang Jawa ditemukan tak berdaya karena penuh luka di tepi jalan di Desa Pamokolan , Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Binatang primata itu diamankan sementara di Kantor Resort Konservasi Wilayah XIX Gunung Sawal.

Informasi yang dihimpun, kukang itu pertama kali ditemukan oleh Haris Kurnia , warga setempat. Saat ditemukan, binatang tersebut tengah berjalan merunduk pelan di tepi jalan.

Ketika didekati, binatang yang hampir terancam punah itu, tampak beberapa luka pada bagian kaki depan maupun belakang. Selain itu bagian matanya juga tampak kotor dan berair.

Kemudian Haris membawa pulang kukang Jawa tersebut. Tidak berapa lama, yang bersangkutan menghubungi pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Ciamis.

"Begitu mendapat laporan, kami bersama dengan pihak terkait mengamankan Kukang Jawa yang kondisinya mengenaskan. Banyak luka di tubuh serta matanya sakit. Memang telihat lemah, akan tetapi masih agresif, menunjukkan masih liar," tutur Kepala Resort Konservasi Wilayah XIX Gunung Sawal, Warid.

Dia juga mengatakan, untuk memastikan kondisi kesehatannya, kukang tersebut harus diperiksa oleh petugas medis.

Untuk penanganan lebih lanjut, pihaknya bekerjasama dengan pihak International Animal Rescue (IAR) Ciamis. Setelah dipulihkan kesehatannya serta melalui beberapa uji kemampuan hidup di alam liar, kukang tersebut akan dikembalikan ke habitat semula, yakni di kawasan hutan lindung Gunung Sawal.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini