nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Metromini vs KRL, Korban Bisa Tuntut Pemilik Ganti Rugi

Regina Fiardini, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2015 19:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 16 338 1269073 metromini-vs-krl-korban-bisa-tuntut-pemilik-ganti-rugi-3VNzAMyc1H.jpg KRL vs Metromini (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Peristiwa kecelakaan yang diakibatkan Metromini versus Kereta Api Commuter Line Jabodetabek di Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat hingga menewaskan 18 orang bisa di proses secara hukum.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, insiden tersebut bisa digugat secara perdata selama pelaku memiliki kemampuan finansial yang cukup.

"Ada pasalnya yang mengatakan barang siapa yang merugikan pihak lain, maka pihak yang lain bisa melakukan gugatan perdata dengan tuntutan minta ganti rugi," ujar Tito kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Terlebih dalam insiden maut yang terjadi beberapa pekan silam itu banyak menelan korban jiwa maupun luka berat. Meski saat itu nyawa sopir Metromini juga tak tertolong, namun gugatan tetap bisa dijatuhkan kepada pemilik.

"Keluarganya bisa menggugat pemilik kendaraan itu. Jadi pemilik kendaraan tidak lepas tangan seakan-akan itu masalah sopir. Dalam kasus ini kan korbannya banyak yang meninggal maupun luka," ujar mantan Kapolda Papua itu.

Gugatan yang bisa dijatuhkan kepada pemilik di antaranya karena dia lalai dalam proses rekrutmen, lalai melakukan pembinaan, lalai memilih sopir, lalai meyakinkan bahwa mobil tersebut memang layak digunakan dan sebagainya. Jika nantinya pihak keluarga melayangkan gugatan kepada pemilik Metromini, Tito mengaku mendukung penuh langkah tersebut.

"Saya pikir gugatan perdata yang dilakukan keluarga korban pasti akan kita dukung," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini