Pasca-Teror Bom, Ridwan Kamil Genjot Pengamanan di Bandung

Oris Riswan, Okezone · Selasa 12 Januari 2016 01:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 12 525 1285781 pasca-teror-bom-ridwan-kamil-genjot-pengamanan-di-bandung-qy6XVcko80.jpg Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (foto: Okezone)

BANDUNG - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengaku saat ini sedang berusaha meningkatkan keamanan di Kota Bandung. Itu dilakukan menyikapi aksi teror bom saat malam tahun baru dan mengantisipasi teror lanjutan.

"Saya sudah rapat dengan Komunitas Inteljen Daerah (Kominda), jadi tahun 2016 ini menyikapi percobaan peledakan di malam tahun baru, apapun motivasi dan skalanya, kita sedang meningkatkan kondusivitas Kota Bandung," kata Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Senin (11/1/2016).

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk memperkuat pengamanan wilayah tersebut. Pertama, peran Brigadir RW akan lebih diintensifkan. Brigadir RW merupakan polisi yang ditempatkan di tingkat RW untuk memantau keamanan.

"Kedua, akan ada 1.500 petugas ketertiban yang juga nanti dilibatkan untuk mengelola keamanan di wilayah masing-masing," ungkapnya.

Terakhir adalah menjalin kerjasama dengan masyarakat yang terhimpun dalam Komunitas Jaga Lembur. Secara keseluruhan, konsep itu merupakan perpaduan antara Pemkot Bandung, kepolisian, dan masyarakat.

Emil mengatakan, pada 2016 ini Pemkot Bandung juga akan mengeluarkan rapor indeks kemasyarakatan. "Setiap rumah mau dikasih rapor indeks kemasyarakatan. Jadi setiap rumah akan terlacak namanya, seberapa banyak dia ikut aturan dan seberapa banyak dia ikut kegiatan kemasyarakatan," tuturnya.

Konsep itu diharapkan bisa menyisir peluang orang-orang yang tidak berniat baik tapi tinggal di Kota Bandung. "Jadi mudah-mudahan tidak terjadi lagi sumber kejahatan datang dari mereka yang bermukim di Bandung," tandas Emil.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini