Lima Negara Ini Paling Dihormati di Dunia

Rizka Diputra, Okezone · Selasa 29 Maret 2016 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 29 18 1348644 lima-negara-ini-paling-dihormati-di-dunia-ACmcYhIAb2.jpg Kanada salah satu negara paling dihormati di dunia (foto: canadaphotoseries.com)

Reputation Institute mengeluarkan rilis soal negara yang paling dihormati di dunia. Penilaian itu berdasarkan pada tiga indikator yakni kemajuan ekonomi, perawatan lingkungan, dan pemerintahan yang produktif.

Dikutip dari laman boombastis.com, terdapat lima negara menonjol yang paling dihormati di dunia pada tahun 2016 ini. Berikut ulasannya:

Kanada

Negara yang dipimpin oleh Justin Trudeau dikenal dengan keramahan warganya. Bahkan sang pemimpin tanpa segan rela meminta maaf kepada semua rakyatnya atas kejahatan yang mungkin pernah dilakukan pemerintah Kanada di masa lalu.

Pertumbuhan negara ini juga terbilang sangat pesat. Selain negaranya adem ayem dari konflik, Kanada juga mulai menggalakkan penyelamatan lingkungan yang membuatnya meraih skor 78,1. Pantas saja jika Kanada termasuk salah satu negara paling dihormati di dunia.

Norwegia

Negara dengan aktivitas perniagaan kuat ini memiliki nilai ekspor yang selalu meningkat. Ekspor itu dilakukan ke berbagai negara Eropa lainnya seperti Inggris, Jerman, dan Belanda.

Selain ekonominya sehat, Norwegia juga negara yang sangat ramah dengan lingkungan. Norwegia bisa disebut sangat nyaman ditinggali. Keadaan itu membuat negara ini mendapat skor 77,1 versi Reputation Institute.

Swedia

Swedia juga termasuk negara sehat dalam segi ekonomi. Hal itu cukup beralasan, sebab, Swedia memiliki nilai ekspor sangat tinggi yang bahkan nilainya melampaui 180 miliar dolar per tahun.

Wajar saja negara ini mendapat poin 76,6 dari Reputation Institute. Tak hanya itu, negara ini juga memberi concern terhadap dunia pendidikan dan aspek lingkungan yang membuatnya sangat dihormati di dunia.

Swiss

Negara Eropa beromzet ekspor mencapai 200 miliar dolar per tahunnya itu menempatkannya menjadi negara dengan omzet tertinggi di Eropa bahkan dunia. Adapun produk yang dijual ke luar negeri antara lain mesin, bahan kimia, metal, jam tangan hingga produk-produk pertanian.

Swiss juga dikenal sebagai negara dengan birokrasi sangat baik yang tentunya membuat para warganya begitu nyaman tinggal di negara ini.

Selandia Baru

Negara yang terletak di Samudera Pasifik bagian selatan ini meraih poin 75 sebagai negara paling dihormati di dunia. Kinerja pemerintahan yang sangat bagus, kondusifnya iklim politik dan rendahnya angka korupsi di negara itu membuat Selandia Baru sangat dihormati oleh penduduk dunia.

Tak hanya itu, negara ini juga memberi fokus terhadap masalah terkait pelestarian lingkungan. Bahkan, pemerintah beserta warganya saling bahu membahu menjaga keindahan alamnya agar tidak rusak atau hancur oleh perbuatan manusia-manusia tidak bertanggung jawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini