nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Parkir Motor Malioboro Pindah ke Taman Abu Bakar Ali

Prabowo, Jurnalis · Senin 04 April 2016 14:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 04 510 1353403 parkir-motor-malioboro-pindah-ke-taman-abu-bakar-ali-uRIXyBGeSL.jpg Parkir Area Malioboro (Foto: Prabowo/Okezone)

YOGYAKARTA - Mulai hari ini, trotoar sisi timur Jalan Malioboro steril dari parkir kendaraan roda dua. Kenyamanan pejalan kaki di kawasan Malioboro itu lebih leluasa dari hari-hari sebelumnya.

Terlihat, petugas dari Satpol PP Kota Yogya, Polresta Yogya, UPT Malioboro, hingga ormas Paksi Kraton memberi arahan agar pengendara yang hendak parkir, diminta menuju Taman Parkir Abu Bakar Ali disisi ujung utara Malioboro.

Tak ada aksi demo yang dilakukan oleh jukir Malioboro. Padahal, mereka sempat akan menduduki kawasan Malioboro saat relokasi. Pemindahan parkir di kawasan Malioboro ini berlangsung lancar, tanpa ada penolakan dari juru parkir.

"Alhamdulillah, semua berjalan aman dan lancar. Saya ingin luruskan saja, ini bukan relokasi, tapi pemindahan zona parkir dari Malioboro ke Abu Bakar Ali," kata Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Senin (4/4/2016).

Haryadi mengaku tempat parkir di lantai dua dan tiga mampu menampung 2.400 kendaraan roda dua. Jumlah itu dianggap mencukupi pengunjung Malioboro setiap harinya. Dia tak mengelak tidak mencukupi jika ada efen di kawasan tersebut.

Pemkot Yogya mencatat baru ada 89 juru parkir yang terdaftar karena sudah melakukan pendaftaran di kantor UPT Malioboro. Jumlah kuota yang tersedia sebanyak 95 orang. Artinya, masih membuka peluang bagi jukir yang belum mendaftar.

Pemkot juga belum memberlakukan berapa tarif bagi pengendara motor. Haryadi mengaku akan membicarakan hal itu dalam waktu dekat. Sementara, hari ini dan besok, pengendara motor yang parkir di Taman Parkir Abu Bakar Ali tidak dipungut biaya alias gratis.

"Hari ini dan besok gratis, nanti kita bicarakan selanjuta terkait retribusi, biaya dan lainnya," pungkasnya.

Ada pro kontra dalam kebijakan Haryadi dalam menata kawasan Malioboro, khususnya parkir kendaraan roda dua. Juru parkir yang selama ini mengais rejeki di Malioboro menjadi pihak yang tak sepakat.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini