Indonesia-Rusia Sepakati Kerjasama di Bidang Pertahanan

Emirald Julio, Okezone · Jum'at 20 Mei 2016 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 20 18 1393456 indonesia-rusia-sepakati-kerjasama-di-bidang-pertahanan-CZD4kfnLRR.jpg Foto pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin (Foto: Reuters)

SOCHI – Presiden Rusia dan Indonesia telah menandatangani kesepakatan dalam bidang pertahanan pada pertemuan bilateral di Sochi, Rusia. Kesepakatan ini bisa dikatakan sebagai salah satu langkah Rusia untuk menguatkan hubungan dengan salah satu negara di ASEAN.

Dilaporkan, detail lengkap mengenai kesepatakan yang ditandatangani oleh Vladimir Putin dan Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu 18 Mei 2016 tersebut belum dirilis ke publik sepenuhnya.

Pembahasan mengenai adanya kesepakatan itu sendiri diumumkan oleh Putin ketika sedang mengadakan pernyataan bersama dengan Jokowi.

“Kami telah sepakat untuk memperluas kontak antara kementerian pertahanan dan bidang keamanan (Rusia-Indonesia),” ujar Putin, sebagaimana dilansir dari Reuters, Jumat (20/5/2016).

Dilaporkan, Presiden Negeri Beruang Merah dengan RI satu juga setuju untuk bertukar informasi intelijen antara kedua negara.

Selain itu, Reuters juga mewartakan pimpinan badan ekspor senjata Rusia, Alexander Formin mengatakan, Negeri Beruang Merah ingin mulai memproduksi amunisi di Indonesia , termasuk peluru meriam.

Formin juga menuturkan bahwa Indonesia tertarik dengan kapal selam dan pesawat jet buatan Rusia. Namun, ia menambahkan bahwa Rusia memiliki saingan terkait ketertarikan RI terhadap ALUTSISTA mereka, yaitu Amerika Serikat dan China.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini