Share

Menlu Retno Klarifikasi Kabar Pembelian Sukhoi

Randy Wirayudha, Okezone · Jum'at 20 Mei 2016 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 20 18 1393721 menlu-retno-klarifikasi-kabar-pembelian-sukhoi-eD0EGsfsKK.jpg Jet tempur Sukhoi Su-35 "Flanker-E" (Foto: Wikipedia)

SOCHI – Penantian Indonesia untuk punya “pengawal angkasa” nan canggih seperti jet tempur Sukhoi Su-35 “Flanker-E” belum akan terwujud atau bahkan tidak bakal terealisasi sama sekali.

Pasalnya di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Rusia-ASEAN yang saat ini masih digelar di Sochi, Rusia, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengklarifikasi kabar yang bredar, bahwa Indonesia akan menyepakati pembelian Su-35.

Seperti yang diwartakan Antara dan dikutip Okezone awal bulan ini, 4 Mei 2016, dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, bahwa keikutsertaan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di KTT Rusia-ASEAN sekaligus mengawal pembelian Sukhoi. (Baca: Jokowi Bakal ke Rusia Kawal Pembelian Sukhoi)

Akan tetapi dalam pernyataan terakhirnya di Radisson Blu Hotel, Sochi, Menlu Retno menyangkal kabar bahwa pemerintah Indonesia sudah mengadakan pembicaraan khusus mengenai pembelian Sukhoi.

“Jadi saya perlu klarifikasikan bahwa sampai detik ini, pada detik ini, peristiwa (pembelian Sukhoi) itu tidak ada. Karena masih ada beberapa hal yang harus kita selesaikan,” tutur Menlu Retno, seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Yang dibahas dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Rusia, Vladimir Putin sejak Rabu, 18 Mei 2016 waktu setempat (19 Mei WIB, hanya kesepakatan kerja sama penanganan terorisme, kerja sama teknis militer dan transfer teknologi militer.

(Baca: Jokowi-Putin Bahas Terorisme & Transfer Teknologi Militer)

“(Hasil pertemuan Jokowi-Putin) tidak hanya mengenai masalah pembelian alutsista, tetapi hal-hal lain yang terkait kemungkinan transfer of technology, pengembangan sumber daya manusia dan lain-lain,” tandas Menlu Retno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini