Ini Jalur Gempa Yogyakarta pada 2006

Markus Yuwono, Sindoradio · Jum'at 27 Mei 2016 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 510 1399150 ini-jalur-gempa-yogyakarta-pada-2006-E9VRrKGIhN.jpg Ilustrasi

YOGYAKARTA - Gempa Yogyakarta 27 Mei 2006 masih menyisakan ingatan yang begitu kuat bagi masyarakat Bantul. Sebab, gempa berkekuatan 5,9 SR yang berlangsung sekitar 57 detik itu, menghancurkan ratusan ribu rumah dan menyebabkan ribuan orang meninggal.

Berdasarkan U.S. Geological Survey, gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 05.53 WIB itu tercatat berkekuatan 5,9 Skala Richter. Pusat Gempa berada di selatan-barat daya Yogyakarta pada kedalaman 10 Km. Selain di DIY dan Jawa Tengah, getaran gempa juga dirasakan hingga sebagian wilayah Jawa Timur.

Di DIY, Kabupaten Bantul merupakan wilayah terdampak paling parah di antara tiga kabupaten lainya. Sedangkan di Jawa Tengah, dampak terparah berada di wilayah Klaten.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengungkapkan, wilayan Bantul merupakan pusat gempa. Sebab di sana ada lempeng sesar opak. Pusat gempa berada di Sungai Opak di Dusun Potrobayan, Srihardono, Pundong.

Dalam gempa 2006, sesar opak melewati empat kecamatan yakni Pundong, Imogiri, Plered, dan Piyungan. "Mulai dari Pundong Dusun Potrobayan sebagai titik episentrum dan jalurnya sampai ke Klaten, melintasi enam kecamatan. Hampir semua kecamatan yang dilewati sesar opak terkena dampak paling parah saat gempa 2006 lalu," katanya saat ditemui Okezone.

Selain lintasan sesar opak, beberapa wilayah yang terkena dampak langsung gempa ialah kawasan Bambanglipuro, Bantul, Sewon, dan Banguntapan. Daerah ini tidak berada dijalur sesar namun memiliki tingkat kerusakan cukup tinggi.

Data BPBD Bantul, jumlah korban meninggal di wilayah Bantul ada 4.143 orang, dengan jumlah rusak berat 71.372 unit, rusak ringan 66.359 rumah. Namun demikian, diakuinya untuk dokumentasi foto pihaknya belum memiliki. Untuk mengingatkan masyarakat, pihaknya membuat tetenger di Dusun Potrobayan yang letaknya 300 meter dari pusat gempa.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini