Oknum Kades di Wonogiri Terbukti Korupsi Dana Desa

Agregasi Kedaulatan Rakyat, · Rabu 08 Juni 2016 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 08 512 1409448 oknum-kades-di-wonogiri-terbukti-korupsi-dana-desa-sErFSFkAqM.jpg Ilustrasi

WONOGIRI - Oknum Kepala Desa (Kades) Songbledek, Paranggupito, Wonogiri, Jawa tengah, bernama Sutoto (34), resmi dinyatakan sebagai tersangka kasus korupsi dana desa pada APBDes tahun anggaran 2013 hingga 2015. Ia terbukti menimbulkan kerugian negara sebesar Rp416 Juta.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri, Tri Ari Mulyanto, melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Hafidz Muhyidin mengatakan, sebelumnya Kades Songbledek itu masih berstatus saksi.

“Namun setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan mendalam serta barang bukti yang ada mulai hari ini statusnya kemudian dinaikkan menjadi tersangka,” katanya, seperti dikutip dari KRjogja, Rabu (8/6/2016).

Menurut Hafidz, penetapan status tersangka berdasarkan Surat Penetapan yang dikeluarkan Kajari tanggal 7 Juni 2016 dengan nomor B.979/0.3.35/FD.1/06/2016. Hafidz menambahkan, tim penyidik Kejari Wonogiri berhasil mengumpulkan bukti atas tindakan yang dilakukan Sutoto, seperti dokumen dan surat yang disita dari Kantor Desa Songbledek, keterangan dari saksi ahli dari Inspektorat Kabupaten Wonogiri, serta hasil investigasi tim.

“Kami sudah memeriksa 20 orang saksi, yang bersangkutan belum kami periksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka,” ujarnya.

Sutoto terbukti menggelapkan dana senilai Rp 416 juta lebih. Seharusnya ada program yang dikerjakan, namun tidak dilaksanakan, maupun pelaksanaan program yang tidak dilakukan sepenuhnya.

Kasi Pidsus Kejari Wonogiri ini belum menyebutkan apakah penyalahgunaan dana tersebut untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain.  “Belum sampai ke arah itu, yang jelas perbuatan tersangka sudah memenuhi unsur tindak pidana korupsi,” tuturnya.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini