nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal Usul Julukan Negeri Paman Sam bagi Amerika Serikat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 07 September 2016 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 07 18 1483222 asal-usul-julukan-negeri-paman-sam-bagi-amerika-serikat-CS0rMrixqM.jpg Samuel Wilson yang dijuluki sebagai Paman Sam bagi Amerika Serikat (Foto: Youtube)

NEGERI Paman Sam. Demikian Amerika Serikat (AS) sering dijuluki. Namun, tidak banyak orang yang paham siapa sebetulnya Paman Sam. Berikut ulasan singkat julukan Negeri Paman Sam yang mulai dipakai pada 7 September 1813 di AS, seperti dimuat History, Rabu (7/9/2016).

Asal-usul nama Paman Sam adalah seorang pria bernama Samuel Wilson. Beliau adalah seorang pemilik perusahaan pengepak daging asal Troy, New York. Samuel Wilson menyuplai daging kepada militer AS sepanjang perang pada 1812.

Samuel Wilson yang lahir pada 1776 mengemas daging-daging itu dalam tong-tong berlabel ‘US’ yang berarti United States atau Amerika Serikat. Namun, para tentara menyebut singkatan US sebagai ‘Uncle Sam’ atau Paman Sam.

Cerita mengenai Samuel Wilson sampai ke telinga media-media lokal. Cerita mengenai Paman Sam kemudian mulai meluas dan dengan cepat pula diterima sebagai nama panggilan bagi Pemerintah Federal Amerika Serikat. Wajahnya kemudian diabadikan dalam kartun di AS.

Samuel Wilson meninggal di usia 88 tahun pada 1854. Paman Sam dimakamkan di samping mendiang istrinya Betsey Mann di Pemakaman Oakwood, Troy, New York. Julukan “Rumah Paman Sam” pun disematkan bagi Kota Troy. Kongres AS pada September 1961 mengakui Samuel Wilson sebagai nenek moyang simbol nasional Amerika, Paman Sam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini