Share

Peringati 9/11, Pimpinan Al Qaeda Sampaikan Pesan untuk AS

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 10 September 2016 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 10 18 1486221 peringati-9-11-pimpinan-al-qaeda-sampaikan-pesan-untuk-as-Ufq4KEJGY2.jpg Pimpinan Al Qaeda Ayman Al Zawahiri. (Foto: Reuters)

MENJELANG peringatan 15 tahun Tragedi 9/11, pimpinan kelompok teror Al Qaeda Ayman Al Zawahiri muncul dalam rekaman video dan menyampaikan pesan kepada Amerika Serikat (AS). Dalam rekaman tersebut, Ayman mengancam akan mengulangi aksi 11 September itu jika AS terus melakukan “kejahatan”.

“Kami menandai hari-hari yang berlalu selama hampir 15 tahun sejak invasi yang diberkati di Washington, New York dan Pennsylvania. Selama kejahatanmu terus berlanjut maka kejadian 11 September akan diulangi ribuan kali,” ujar Ayman dalam video sebagaimana dikutip ABC News, Sabtu (10/9/2016).

Namun, munculnya video tersebut justru dianggap sebagai sebuah cara Al Qaeda untuk mencari perhatian dan tetap relevan setelah sekian lama nama mereka tertutup oleh kelompok teror saingannya ISIS. Pesan yang disampaikan Ayman dipandang sebagai pesan yang memperlihatkan persaingan antara Al Qaeda dan Daesh, sebutan lain untuk ISIS.

“Semua (pembicaraan soal 9/11) ini adalah pernyataan: ‘lihat apa yang bisa kami lakukan. Tidak ada kelompok lain yang bisa melakukan hal seperti ini’,” kata Nada Bakos, seorang mantan pejabat lembaga intelijen AS, CIA.

Ayman Al Zawahiri mengambil alih kepemimpinan Al Qaeda setelah pemimpin sebelumnya, Osama bin Laden tewas dalam penyerbuan pasukan khusus AS di Abbottabad, Pakistan pada 2011. Pria kelahiran Mesir itu sangat jarang mengeluarkan pernyataan kepada para pengikutnya dan keberadaannya sampai saat ini masih belum diketahui.

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini