Image

Paus Fransiskus: Ucapkan Selamat Ultah Sebelum Harinya Bawa Sial

Silviana Dharma, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2016, 21:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 14 18 1566818 paus-fransiskus-ucapkan-selamat-ultah-sebelum-harinya-bawa-sial-aeCVxsYbfd.jpg Paus Fransiskus I. (Foto: Tony Gentile/Reuters)

VATIKAN – Paus Fransiskus I akan merayakan ulang tahunnya yang ke-80 pada Sabtu 17 Desember. Akan tetapi, sebelum waktunya tiba, ribuan orang telah menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuknya. Ia pun menanggapi perhatian tersebut dengan sedikit candaan.

“Terima kasih banyak atas ucapan selamat yang datang lebih awal sebelum harinya ini. Tapi saya akan memberi tahu sesuatu yang akan membuat Anda tertawa. Di negara saya, menyampaikan ucapan selamat ultah sebelum waktunya bisa bernasib buruk dan yang melakukan itu adalah para pembawa sial,” celotehnya di hadapan para jemaat di Vatikan, seperti dikutip Reuters pada Rabu (14/12/2016).

Faktanya banyak orang di dunia memercayai mitos tersebut. Tidak hanya di Benua Amerika, orang Jerman dan Asia juga meyakini bahwa merayakan ultah sebelum harinya bisa berdampak buruk. Selain itu juga, memberi ucapan selamat ulang tahun lebih awal memberi kesan mendoakan agar orang yang berulang tahun berumur pendek. Akan tetapi, kalau terlambat mengucapkan dan merayakannya diperbolehkan.

Sebagai orang terkenal, tidak heran jika banyak orang ingin menunjukkan perhatiannya kepada Sri Paus. Di Vatikan sendiri, beberapa pedagang sudah menjajakan perangko yang dimaksudkan untuk merayakan ultah Paus asal Argentina tersebut.

Sri Paus yang terpilih pada 2013 itu mengungkap, punya tujuh alamat surat elektronik (surel) atau e-mail agar setiap orang bisa mengirim ucapan selamat ulang tahun kepadanya. Perbedaan semua surel tersebut adalah bahasa yang digunakan, salah satunya berbahasa Latin, yakni di papafranciscus80@vatican.ca.

Sementara sisanya adalah surel yang ditujukan bagi mereka yang bisa berbahasa Italia, Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia. Ucapan selamat ultah kepada Paus Fransiskus juga bisa dialamatkan melalui media sosial dengan tagar #Pontifex80.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini