Image

Orangutan yang Diklaim Tertua di Dunia Berulang Tahun Ke-62

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis, 12 Januari 2017 - 22:16 WIB
Foto Gypsy Chan berbagi kue dengan cucunya (Foto: HoSpot Media/Mirror) Foto Gypsy Chan berbagi kue dengan cucunya (Foto: HoSpot Media/Mirror)

HINO – Orangutan Kalimantan yang diklaim tertua di dunia (di kebun binatang) pada hari ini berulang tahun ke-62. Ulang tahun orangutan bernama Gypsy Chan itu dirayakan dengan kue buah yang ia makan bersama cucunya.

Perayaan ulang tahun sederhana itu diabadikan oleh fotografer Inggris, David Williams (41), di Tama Zoo yang berlokasi di Kota Hino, Jepang. Sebagaimana dikutip dari Mirror, Kamis (12/1/2017), Gypsy Chan sempat menjadi buah bibir di dunia ilmiah setelah terlihat pernah memisahkan orangutan lain yang sedang berkelahi.

Peneliti menegaskan dalam jurnal Primates bahwa ini merupakan pertama kalinya orangutan berperilaku seperti itu. “Orangutan menghabiskan banyak waktunya sendirian di alam liar,” ujar peneliti dari Kyoto University, Dr Tomoyuki Tajima, yang merekam tingkah laku Gypsy Chan.

Rekor orangutan tertua di dunia dalam penangkaran sebelumnya dipegang oleh Molly. Sayangnya, ia mati pada 2011 ketika berusia 59 tahun. Walaupun diklaim tertua di dunia, Gypsy masih terlihat sehat dan mungkin dapat terus memegang rekor dunia tersebut hingga tahun-tahun mendatang.

(emj)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming