Kakek PM Jepang Pernah Main Golf dengan Presiden AS Eisenhower

Silviana Dharma, Okezone · Jum'at 10 Februari 2017 03:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 10 18 1614405 kakek-pm-jepang-juga-pernah-main-golf-dengan-presiden-as-eisenhower-Afqq1JhCs3.jpg Kakek Abe menantang main golf Presiden ke-34 AS. (Foto: Getty Images)

WASHINGTON DC – Jika di Indonesia, Presiden Joko Widodo mempopulerkan yang namanya diplomasi meja makan. Presiden Amerika Serikat Donald Trump lebih suka menjalankan diplomasi golf saat menjamu para tamunya dari luar negeri.

Demikian sudah tersiar ke penjuru dunia bahwa Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan adu kemahiran memukul bola golf di lapangannya di Palm Beach, Florida pada Jumat 10 Februari 2017. Permainan tersebut dijadwalkan usai ramah tamah secara formal di Gedung Putih.

Meski begitu, diplomasi golf antara Jepang dan AS bukan baru kali ini terjadi. Shinzo Abe dan Donald Trump rupanya hanya seperti mengulang sejarah.

Berdasarkan catatan Reuters, Jumat (10/2/2017), kakek Abe dari garis keturunan ibu, Nobusuke Kishi juga pernah menyambangi Negeri Paman Sam. Kishi yang juga membukukan namanya dalam deretan Perdana Menteri Jepang pernah menantang bermain golf Presiden ke-34 AS, Dwight Eisenhower pada 1957.

Pada masa itu, pertandingan keduanya di dekat Washington menghiasi halaman-halaman terdepan seluruh surat kabar di AS. Media menggambarkan momen bersejarah itu sebagai ‘kemenangan diplomasi’ antara mantan musuh Perang Dunia II.

Usul meneruskan diplomasi golf kakeknya yang menjabat PM Jepang dua kali itu bermula pada perjumpaan pertamanya dengan Trump di Manhattan. Disaksikan putri dan menantunya, Trump menerima hadiah berupa pemukul golf bersemu emas dari Abe. Sebagai balasannya, Abe mendapatkan pakaian bermain golf dari Trump.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini