Share

Gudang Penyimpanan Amunisi Meledak, Paksa Evakuasi Puluhan Ribu Warga

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 23 Maret 2017 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 18 1650229 gudang-penyimpanan-amunisi-meledak-paksa-evakuasi-puluhan-ribu-warga-p1id0H1qDX.jpg Asap tebal membumbung dari gudang penyimpanan amunisi yang terbakar di Balaleya, Ukraina, 23 Maret 2017. (Foto: Reuters)

KIEV – Sebuah gudang amunisi di pangkalan militer di Kota Balakleya, Ukraina, meledak, menghasilkan kebakaran besar yang memaksa ribuan orang mengungsi. Berdasarkan penyataan yang dikeluarkan militer Ukraina, kejadian itu merupakan tindak sabotase yang dilakukan orang tak dikenal.

β€œMenurut hasil data awal, sebagai akibat dari sabotase tadi malam pukul 2.46 dini hari, kebakaran dan ledakan menyebabkan meledaknya amunisi di beberapa lokasi yang menyimpan roket dan senjata artileri,” kata Ketua Jaksa Penuntut Militer, Anatoly Matios sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (23/3/2017).

Russia Today mewartakan, lebih dari 16 ribu warga telah dievakuasi dari Balakleya dan 3.500 warga lainnya dievakuasi dari desa yang berada dekat lokasi ledakan. Pihak berwenang Ukraina telah menetapkan zona aman seluas tujuh kilometer untuk menindaklanjuti ledakan di markas yang menampung lebih dari 138 ribu ton amunisi itu.

Juru bicara militer Ukraina, Oleksander Motuzyanyk juga mengatakan, keamanan di sekitar markas telah ditingkatkan. Perdana Menteri (PM) Ukraina Volodymyr Groysman direncanakan mengunjungi lokasi kejadian Kamis.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini