Share

KISAH: Ternyata Asal Muasal Beruang Teddy Berasal dari Presiden AS Lho!

Emirald Julio, Okezone · Kamis 06 April 2017 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 18 1659561 kisah-ternyata-asal-muasal-beruang-teddy-berasal-dari-presiden-as-lho-z6EpeuwY9P.jpg Foto Theodore Roosevelt dan ilustrasi beruang Teddy (Foto: Vintage News)

MUNGKIN beruang Teddy atau teddy bear adalah boneka yang paling tenar di seluruh dunia. Hampir semua anak-anak hingga orang dewasa di Barat pernah memiliki boneka ini atau setidaknya pernah melihatnya. Namun tahukah Anda bahwa asal nama boneka ini diambil dari salah satu presiden Amerika Serikat (AS)?

Penamaan boneka itu berasal dari 1902 ketika Negeri Paman Sam dipimpin oleh Presiden Theodore Roosevelt. Pada saat itu kondisi dalam negeri AS sedang gonjang-ganjing akibat ratusan ribu pekerja tambang mengadakan mogok kerja dan memicu terjadinya krisis batu bara.

Pemilik perusahaan batu bara menolak untuk bernegosiasi dengan pihak serikat pekerja dan memicu Roosevelt turun tangan. Setelah negosiasi alot, akhirnya pada Oktober 1902, mogok kerja itu berakhir.

Sebagaimana dikutip dari Vintage News, Kamis (6/4/2017) melihat kondisi yang berangsur baik, Roosevelt memutuskan untuk berlibur dan menerima undangan berburu beruang dari Gubernur Mississippi, Andrew H Longino, di wilayah Onward.

Pada acara berburu itu, Roosevelt dan Longino ditemani oleh beberapa jurnalis serta 50 anjing pemburu. Pada hari pertama perburuan, mereka tidak menemukan jejak beruang dan kembali ke kamp dengan tangan kosong. Namun pada hari berikutnya, mereka berhasil mengikuti jejak seekor beruang berbobot 106 kilogram.

Setelah menjebak mamalia buas tersebut dan mengikatnya di pohon, sang presiden diminta untuk menembak beruang itu. Namun melihat si beruang, mendadak Roosevelt mengurungkan niatnya.

“Saya berburu hewan di berbagai wilayah Amerika, dan saya bangga menjadi pemburu. Tapi saya tidak bisa bangga terhadap diri saya jika menembak seekor beruang tua dan lelah yang diikat di pohon,” tutur Roosevelt.

Aksi dan perkataan Roosevelt itu langsung menjadi headline media di AS dan menjadi buah bibir. Media The Washington Post kemudian menggambar karikatur kartun yang mengadaptasi aksi Roosevelt itu.

Melihat gambar itu, seorang pemilik toko di New York bernama Morris Michtom mendapatkan ide untuk membuat boneka beruang yang didedikasikan untuk sang presiden. Bahkan Roosevelt setuju untuk nama panggilannya, “Teddy”, digunakan untuk boneka beruang tersebut.

Semenjak itulah boneka beruang Teddy tercipta dan membuat produk itu laku keras. Boneka yang semakin mempopulerkan nama Roosevelt itu bahkan digunakan olehnya untuk menjadi simbol Partai Republik AS untuk pemilihan pada 1904.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini