Kasihan, Beruang Madu Ini Terkena Jerat Babi hingga Terancam Diamputasi

Rayful Mudassir, Okezone · Jum'at 28 April 2017 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 28 340 1678622 kasihan-beruang-madu-ini-terkena-jerat-babi-hingga-terancam-diamputasi-EeR81uXsel.jpg Beruang madu di Aceh yang terkena jerat babi. (Foto: Rayful Mudassir/Okezone)

BANDA ACEH – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi seekor beruang madu (helarctos malayanus) berjenis betina di Gampong (Desa) Ie Tarik 2, Kecamatan Simpang Keramat, Lhokseumawe. Beruang malang itu terkena jerat babi yang dipasang warga. 

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, kondisi beruang terluka parah di tangan kanannya. Tim medis gabungan dari BKSDA dan Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah akan melakukan tindakan medis untuk menolong beruang madu tersebut. 

“Barusan dengan dokter hewan dari Unsyiah, beruang akan dilakukan tindakan di Unsyiah dengan pertimbangan alat lebih lengkap. Dari penglihatan visual kemungkinan besar harus diamputasi,” kata Sapto kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (28/4/2017). 

Peristiwa nahas yang menimpa beruang madu itu diketahui usai petugas BKSDA di Lhokseumawe mendapat laporan dari masyarakat setempat pada Rabu 26 April 2017. Setelah menuju lokasi, beruang dibawa ke lokasi sementara di Lhokseumawe untuk kemudian dievakuasi ke Banda Aceh kemarin. 

Rencananya hari ini beruang tersebut akan dilakukan tindakan bedah oleh tim medis gabungan dari BKSDA dan FKH Unsyiah. Berdasarkan foto yang diterima wartawan, terlihat tangan kanan beruang itu terluka parah hingga tampak tulang jari-jarinya. 

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini