nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astaga! Pemuda AS Bebas dari Penjara Korut dalam Keadaan Koma

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 02:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 14 18 1715423 astaga-pemuda-as-bebas-dari-penjara-korut-dalam-keadaan-koma-VU6JXCwCrY.jpg Otto Warmbier ditangkap Otoritas Korut. (Foto: Reuters

PYONGYANG - Seorang pemuda asal Amerika Serikat (AS), Otto Warmbier dibebaskan dari penjara di Korea Utara (Korut) dalam keadaan koma. Pria yang berasal dari Ohio itu ditangkap Otoritas Korut pada 2 Januari 2016.

Otto yang berusia 22 tahun merupakan seorang mahasiswa jurusan ekonomi di University of Virginia. Saat ditangkap, Otto diketahui tengah berwisata di negeri tertutup itu. Sebagaimana disitat dari BBC, Rabu (14/6/2017), ia ditahan setelah kedapatan berusaha mencuri tanda propaganda dari sebuah hotel. Akibat ulahnya itu, Otto diganjar hukuman 15 tahun kurungan oleh Korut.

The sign Mr Warmbier is alleged to have tried to steal

Pesan propaganda berbunyi 'Mari kita kuatkan diri dengan patriotisme Kim Jong-il' yang hendak dicuri Otto. (Foto: Reuters)

Sementara itu, orangtua Otto mengaku terkejut dan tidak mengetahui tentang keadaan Otto. Belakangan pemuda berparas tampan tersebut diketahui telah koma sejak Maret 2016. Kini Otto dilaporkan tengah dalam perjalanan pulang ke negara asalnya.

"Otto sudah meninggalkan Korut. Ia sedang dalam perjalanan pulang sekarang. Ini menyedihkan karena ia pulang dalam keadaan koma. Kami baru tahu minggu lalu kalau ia sudah koma sejak Maret 2016," ujar kedua orangtua Otto, Fred dan Cindy.

Washington Post melaporkan, Otto koma karena mengidap penyakit Botulisme yaitu penyakit langka yang menyebabkan kelumpuhan. Dan ia telah diberi obat tidur sejak terserang penyakit itu. Hingga berita ini diturunkan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut terkait kasus Otto.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini