nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Malam Lailatul Qodar, Kraton Solo Bagi-Bagi Berkah untuk Warga Solo

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 15 Juni 2017 23:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 15 512 1717428 sambut-malam-lailatul-qodar-kraton-solo-bagi-bagi-berkah-untuk-warga-solo-BRAe6PPWmP.jpg Kegiatan kirab malam lailatul qadar (foto: Bram/Okezone)

SOLO - Kirab Malam Selikuran (malam ke 21) bulan suci Ramadhan diperingati Kraton Kasunanan Surakarta dengan menggelar kirab.

Pantauan okezone, kirab yang merupakan agenda rutin menyambut malam Lailatul Qadar pada 10 hari terakhir Ramadan diikuti 700 abdi dalem Kraton, mulai dari Sentana, prajurit dan abdi dalem ini dimulai dari pintu Kori Kamandungan Lor, Kompleks Keraton Solo.

Sambil mengusung jodang berisi 1000 bungkus paket nasi, rombongan kirab pun berjalan menelusuri rute dari Keraton menuju Masjid Agung, Gladak lalu ke barat menuju Joglo Sriwedari lewat Jalan Slamet Riyadi.

Kesakralan kirab semakin terasa, dimana puluhan lampu ting (lampu minyak) itupun dikirab. Pejabat Humas Keraton Solo, Bambang Ary Pradotonagoro, mewakili K.G.P.H.Benowo mengatakan seperti apa pun kondisi keraton saat ini, Malem Selikuran harus tetap diadakan.

“Malam Selikuran ini merupakan tradisi turun temurun yang selalu dilakukan Kraton Solo. Jadi meski saat ini kondisi Kraton seperti ini, tradisi ini tetap dilakukan,"papar Bambang di Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/6/2017) malam.

Setibannya di joglo Sriwedari, ribuan warga kota Solo yang sudah menunggu langsung menyambut kedatangan rombongan kirab. Setelah didoakan oleh pemuka agama, dalam waktu relatif singkat, sesaji yang dibawa pihak Kraton inipun ludes diserbu masyarakat.

Mereka masih mempercayai bila sesaji yang diberikan Kraton, memiliki berkah sendiri bagi penerimannya.

"Alhamdulillah, saya dapet. Biarpun harus berdesak-desakan yang penting berkah dari sesaji ini,"papar Joko.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini