Image

HTI Ajukan Uji Materi Perppu Ormas ke MK

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa, 18 Juli 2017 - 16:52 WIB
Yusril Ihza Mahendra. (Foto: Okezone) Yusril Ihza Mahendra. (Foto: Okezone)

JAKARTA - ‎Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) resmi mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait diterbitkannya Peraturan Pemerintah Penganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakat (Ormas).

Kuasa hukum HTI Yusril Ihza Mahendra mengatakan, seluruh pasal dalam Perppu tersebut akan dilakukan uji materi ke MK. Pihaknya mengajukan permohonan agar MK membatalkan seluruh isi dari Perppu Nomor 2 Tahun 17 lantaran dinilai bertentangan dengan UUD 1945.

"Tapi khususnya terkait putusan yang mengandung ketidakjelasan karena dinilai pembubaran kepada yang menganut, menyebarkan paham yang bertentangan dengan Pancasila. Kami daftarkan dan kami serahkan permohonan ini kepada MK," kata Yusril di Gedung MK, Jakarta, Selasa (18/8/2017).

Yusril mengklaim, ‎Perppu Nomor 2 Tahun 2017 juga mendapat kritikan dari sejumlah fraksi di DPR. ‎Sebab itu, uji materi yang dilakukan HTI diharapkan dapat membatalkan Perppu Nomor 2 Tahun 17 dalam sidang uji materi ke MK.

"‎Karena Perppu ini juga tidak ada kegentingan yang mendesak dalam penerbitannya. Ini sudah seminggu lebih dikeluarkan Perppu tapi enggak ada ormas yang dibubarkan tap‎i kalau besok dibubarkan berarti Perppu ini juga diktator," ujarnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming