nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duuh! Menteri Pertahanan Jepang Mengundurkan Diri, Ada Apa Ya?

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 19:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 27 18 1745173 duuh-menteri-pertahanan-jepang-mengundurkan-diri-R7rYoTNOZ6.jpg Menteri Pertahanan Jepang, Tomomi Inada, memutuskan mengundurkan diri karena skandal yang terjadi di kalangan pejabat Kementerian Pertahanan Jepang (Foto: Bloomberg)

TOKYO – Media Jepang melaporkan kabar mengejutkan pada Kamis 27 Juli 2017. Pasalnya, Menteri Pertahanan Jepang, Tomomi Inada, dilaporkan akan segera mengundurkan diri dari jabatannya.

Pengunduran diri ini disinyalir memiliki hubungan dengan dugaan laporan penutupan informasi terkait misi perdamaian Jepang di Sudan Selatan. Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Kamis (27/7/2017), Inada sebelumnya telah melakukan penyelidikan mandiri demi mencari kebenaran bahwa pejabat pertahanan Jepang menyembunyikan data yang menunjukkan situasi keamanan di Sudan Selatan yang semakin memburuk.

NHK mewartakan, juru bicara dari Kementerian Pertahanan Jepang menolak memberikan komentar terkait pengunduran diri tersebut. Jika sesuai dengan laporan, Inada akan resign setelah dirilisnya hasil penyelidikannya pada Jumat 28 Juli 2017.

Inada sebelumnya sudah membantah ia terlibat dalam penyembunyian informasi tersebut. Media Kyodo mewartakan, Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, kemungkinan akan memilih sosok pengganti Inada dengan seseorang yang sebelumnya pernah menjabat sebagai menteri pertahanan.

Kandidat yang paling berpotensi menggantikan Inada saat ini adalah Itsunori Onodera. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan Jepang selama dua tahun dari 26 Desember 2012 hingga 3 September 2014.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini