Image

Innalillahi... Banjir dan Tanah Longsor Tewaskan Puluhan Orang di India dan Nepal

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Senin, 14 Agustus 2017 - 00:01 WIB
Banjir dan tanah longsor hantam Nepal dan India. (Foto: AFP) Banjir dan tanah longsor hantam Nepal dan India. (Foto: AFP)

PRADESH - Sedikitnya 49 orang tewas di Nepal akibat bencana banjir dan tanah longsor. Bencana alam tersebut juga diketahui menghantam negara tetangga yaitu India. Korban tewas di India tercatat mencapai 17 orang.

Kepala Pusat Darurat Nasional Nepal, Shankar Hari Acharya menyatakan, bahwa banjir telah menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi ke daratan yang lebih tinggi dan membuat beberapa orang hilang. "Proses pencarian dan penyelamatan masih terus dilakukan, namun volume air hingga kini masih belum turun," ujar Shankar sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Senin (14/8/2017).

Baca Juga: Banjir di India Surut, Jumlah Korban Melonjak Drastis Jadi 213 Orang

Di India tim penyelamat dilaporkan harus berjuang keras untuk menyelamatkan puluhan penumpang dari 2 unit bus yang tersapu banjir. Kecelakaan tersebut terjadi di Negara Bagian Himalaya di mana 17 jenazah ditemukan. Sementara itu, puluhan penumpang lainnya masih hilang.

"Bus hanyut sekira 200 meter jauhnya dan kedua bus tersebut mengangkut lebih dari 50 orang," ujar Juru Bicara Militer India yang juga bertugas sebagai koordinator penyelamatan, Kolonel, Aman Anand.

Selain itu, tanah longsor dilaporkan menghancurkan jalan-jalan utama di Pradesh, India. Banjir diketahui telah menyebabkan ratusan orang di India tewas sejak April lalu. Sementara di Nepal, lebih dari 100 orang meninggal akibat banjir sejak akhir 2016.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming