Image

Membanggakan! iNews TV Siarkan Langsung 10.001 Orang Pentaskan Tari Saman

Rayful Mudassir, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 09:22 WIB
Gladi bersih penari saman di Aceh (Foto: iNews TV) Gladi bersih penari saman di Aceh (Foto: iNews TV)

JAKARTA - Sebanyak 10.001 penari akan menantaskan tari saman di Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh siang nanti. Pertunjukan akbar ini juga akan disiarkan secara langsung di iNews TV.

Tarian massal yang dimainkan oleh penduduk dari seluruh desa di Gayo Lues ini akan dimulai pada pukul 12.00 WIB. Stasiun iNews TV nasional akan menyiarkan secara langsung selama satu jam penuh hingga pukul 13.00 WIB.

"Dengan adanya even Saman 10.001 penari yang disiarkan langsung di iNews nanti, kita berharap warga di Aceh bahkan seluruh indonesia dapat mengenal tari saman lebih dekat lagi," kata Kepala Biro iNews TV Aceh, Misdarul Ihsan kepada Okezone, Minggu (13/8/2017).

Pertunjukan tari saman kali ini diketahui akan tercatat di museum rekor Indonesia (MURI) sebagai penampilan tari saman dengan jumlah peserta terbanyak. Bahkan diprediksi peserta akan lebih dari target sebelumnya. Terakhir panitia mencatat jumlah penari mencapai 10.327 orang.

Sebelumnya pada 2014, tari saman juga memecahkan rekor dama dengan jumlah penampilan 5.057 orang. Rekor resebut dilakukan sebagai apresiasi setelah UNESCO menetapkan tari saman sebagai karya tak benda pada 2011 lalu.

"Setelah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, saman bukan hanya milik warga Gayo Lues saja, tapi juga telah menjadi milik dunia. Maka mari kita jaga dan lestarikan bersama," sebut Misdarul Ihsan.

Tari saman merupakan salah satu tarian tradisional khas Tanoh Rencong. Bahkan tarian ini menjadi salah satu seni tari yang dipelajari di sekolah-sekolah. Disamping itu, tari saman juga telah dikenal hingga di kancah internasional. Terbukti dengan tarian tersebut telah dipertunjukkan hingga ke luar negeri.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming