Image

Bertemu SBY, Pimpinan KPK Jabarkan 4 Masalah Korupsi di Tubuh Parpol

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu, 13 September 2017 - 17:48 WIB
Diskusi antara KPK dan Partai Demokrat di DPP Demokrat. Foto Okezone/Fadel Prayoga Diskusi antara KPK dan Partai Demokrat di DPP Demokrat. Foto Okezone/Fadel Prayoga

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan menjabarkan 4 masalah korupsi yang kerap terjadi di tubuh partai politik saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi bersama Partai Demokrat tentang mewujudkan politik berintegritas di DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Pertama, tak adanya standar-standar etik partai politik. Masalah kedua yakni soal rekrutmen dan pola kaderisasi masih berjalan tradisional tanpa ada aturan-aturan yang baik.

“Ketiga soal pendanaan serta masalah transparansi akuntabilitas sumber dana partai tersebut. Lalu, sumber dana partai politik yang belum memadai untuk melakukan kegiatan parpol tersebut,” tutur Basaria.

Baca Juga: Rapat Komisi III dan KPK Memanas, Politikus Gerindra Minta Saut Diam: Saya Mantan Penyidik!

"Inilah kira-kira permasalahan yang ditemukan oleh KPK. Sehingga nantinya ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh KPK," lanjutnya.

Purnawiran polisi jenderal bintang dua itu menambahkan, KPK bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan melakukan kajian soal panduan transparansi, dan akuntabilitas keuangan partai.

"Rencananya nanti untuk tahun depan 2018 kita akan melakukan kajian dan tentang bagaimana merumuskan ya dokumen panduan transparansi serta akuntabilitas atas keuangan partai politik itu rencana untuk 2018," ungkapnya.

Baca Juga: Kenapa DPR Ngotot Soal Hak Angket? Ini Penjelasan Wakil Ketua DPR

Oleh karena itu, dia meminta kepada SBY dan petinggi partai untuk bisa bersinergi dengan KPK agar program perbaikan sistem integritas partai politik bisa terwujudkan.

"Kami minta, kalau bisa hari ini langsung ditunjuk contact person dari Partai Demokrat, nanti siapa yang bisa bekerja sama dengan kedeputian pencegahan KPK untuk terlaksananya semua," tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya memuji perubahan yang dilakukan Partai Demokrat di bawah komando SBY. Hal ini berkaitan dengan upaya Demokrat mewujudkan politik berintegritas.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming